NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Ekonomi & BisnisManokwari SelatanPapua Barat

Indonesia Terang, 653 Rumah OAP di Pedalaman Papua Barat Tersambung Listrik

1 Mins read

Ransiki,ptc.com– Selama kurun waktu dua tahun, 2017 dan 2018 sudah ada 653 rumah Orang Asli Papua (OAP) di pedalaman Papua Barat terasmbung listrik Negara melalui program Instalasi Jaringan Listrik bagi Rumah Tangga Sederhana (RTS) OAP atau terjemahan Program Papua Terang dan Indonesia Terang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Enegeri Sumberdaya Mineral (ESDM) Papua Barat, Jhon Tulus, dalam laporannya kepada Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan beserta jajaran didampingi Wakil Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Wempi Welli Rengkung bersama jajarananya, pada pembukaan kegiatan peresmian Instalasi Jaringan Listrik bagi Rumah Tangga Sederhana khusus OAP distrik Nenei Kabupaten Mansel, Selasa (22/1).

Menurut Tulus, pemasangan listrik tersebut mengacu pada visi dan misis pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat semenjak tepilih menjadi pemimpin di Papua Barat. Lalu di terjemahkan dalam rencana kerja (Renja) Dinas ESDM Papua Barat.

Program tersebut lanjut Tulus, bertujuan demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat di sector ketersediaan tenaga listrik, sekaligus untuk meningkatkan rasio elektrikfikasi Papua Barat, meliputi rasio distrik berlistrik, rasio kampung berlistrik, dan rasio rumah tangga berlistrik.

Lalu, Tulus menjabarkan, pada tahun 2017 sendiri Dinas ESDM berhasil memasang listrik di 450 RTS OAP yang tersebar, “Masing-masing pada kabupaten Manokwari Selatan distrik Nenei ada 220 rumah, kabupaten Tambrau di distrik Mubrani 130 rumah, Kabupaten Pegaf di distrik Anggi 95 rumah,”kata Tulus.

Kemudian, pada tahun 2018 ada 203 RTS OAP tesambung listrik. Masing-masing distrik Nenei Kabupaten Mansel sebanyak 113 RTS, Kabupaten Manokwari distrik Masni sebanyak 70 RTS dan distrik Manokwari Utara sebanyak 20 RTS tersambung listrik.

“Sehingga untuk distrik Nenei sendiri ada 333 rumah tangga sasaran orang asli Papua sudah tersambung listrik dari tahun 2017 dan 2018,”ujar Tulus.
Kesemptan ini Tulus sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur Papua Barat, Bupati Mansel, kepala Dinas Lingkungan Hidup Mansel, PT PLN, lalu kepada Pemerintahan Distrik Nenei, para kepala kampung dan semua pihak yang mendukung pelaksanaan program hingga peresmian. [MNR]

Related posts
Manokwari Selatan

Pertama di Papua Barat, Kemendes dan Pemkab Mansel Launching Program Tekad 

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pertama Kali di Papua Barat, Pemkab Manokwari Selatan (Mansel) bersama Kementrian Daerah Tertinggal (Kemendes) melaunching program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad)…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Hingga September, Ekspor Kakao Kering Ransiki Capai Rp. 8,3 Miliar

1 Mins read
PENTUL, MANOKWARI-Kakao Ransiki kembali diekspor ke luar negeri melalui sejumlah mitra. Terbaru, hampir 11 ton Kakao Ransiki diekspor kepada PT Cargill Surabaya…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *