NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Disdukcapil Mansel Wajibkan Pegawainya Lapor Capaian Kerja Tiap Hari

1 Mins read

Ransiki,-Masalah disiplin kerja pegawai menjadi sorotan kepala daerah di Pemerintahan Daerah Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) belakangan.

Bupati Mansel, Markus Waran, beberapa kali meminta pimina Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar inovasi kebijakan sehingga pegawai disiplin dan rajin masuk kantor.

Bupati juga instruksikan agar diberi sanksi tegas, seperti teguran lisan, tertulis, hingga pemecatan bila masih ada yang tidak disiplin atau tidak masuk kerja berturut-turut sesuai ketentuan peraturan pemerintahan.

Tanggapi permintaan Markus Waran itu, sejuma pimpinan OPD berlomba berinovasi, seperti hal dilakukan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Elli Dahlia Kartika Sembor.

Kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (1/2), Sembor mengatakan, Ia telah mengabil langkah membentuk karakter pegawai agar berdedikasi maupun disiplin dalam tugas kerja.

Misalkan, kata Sembor, tanpa terkecuali pegawai dilibatkan dalam tim kerja disetiap bidang. Terhadap pegawai yang terlama masuk kantor diwajibkan menuliskan alasan sampai terjadi terlambat.

Berikutnya, lanjut Sembor, setiap pegawai diberi tugas mesti menuliskan capaian kerja setiap hari sebelum pulang kantor sebagai bentuk tanggung jawab sekaligus mengukur kinerja masing-masing pegawai. Apakah terjadi peningkatan atau malah sebaliknya ketika dievaluasi.

Disamping itu, untuk menopang kegiatan pelayanan, para pegawainya juga dapat jata makan siang dikantor tanpa harus keluar dari kantor.

“Kami lakukan itu agar mereka fokus pelayanan, tidak harus beli makan diluar. Kami bagi pegawai honor kami yang sekitar 50 an orang lebih itu untuk masak bergantian setaip hari ada 10 orang,”terang Sembor.

Meskipun masih tahap awal diberlakukan namun sudah terjadi sedikit peningkatana.

“Memang tak semudah yang kita bayangkan tapi kami harus sudah mencobanya. Kami harapkan apa yang telah kami terapkan ini menjadi modal bagi mereka ketika menjadi PNS. Tidak kaget dengan tugas-tugas dan tanggung jawab yang lebih berat. Apa bila mereka abaikan maka kami tidak menjamin karakter baik itu terjadi kedepan,”ujar Sembor.[MNR]

 

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *