NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari SelatanPapua Barat

Ini Hasil Pertemuan Markus Waran Dengan Chairman Jababeka Grup

2 Mins read

Jakarta,-Setelah lakukan pertemuan dengan Direktur Operasionl PT.Kaltimex Energy, D. Rochkadar Sukada dan jajarannya, untuk bangun kerja sama dalam bidang energi baru terbarukan, atau rencana kerja sama pembangunan pembangkit listrik tenaga biogas/biomassa (PLTBM) di kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) pada Senin, 4 Maret 2019 di Jakarat.

Bupati Mansel, Markus Waran, bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, pada hari berikut tepatnya, Selasa, 5 Maret 2019, berkesempatan melakukan pertemuan dengan pengusaha, pendiri sekalgus chairman Jababeka Grup, S.D. Darmono.

Foto Bersama Bupati Mansel, Markus Waran bersama jajarannya dengan Chairman Jababeka Grup, S.D Darmono.
Pertemuan antara orang nomor satu dari Pemkab Mansel dan pengusaha atau pimpinan konsorsium dengan 21 pengusaha ternama di Indonesia berlangsung di Batavia Tower, Tanah Abang Jakarta Pusat.

Dari pertemuan ini meruncing pada beberapa poin penting untuk dilakukan kerja sama, nantinya akan ditindak lanjut dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama dalam waktu dekat oleh kedua pihak.

Poin dimaksut, antaranya, kedua pihak tertarik untuk lakukan kerja sama dalam bidang pariwisata, pendidikan. Kemduain Jababeka Grup juga bersedia turunkan tim arsitektur untuk mendesain masterplan atau tataruang kota Mansel dan sekaligus desain kantor Bupati Mansel yang dilengkapi kamar hotel dan mal (pusat belanja), atau kantor bupati terintegrasi pertama di Indonesia yang dilengkapi kamar hotel, dan pusat perbelanjaan.

Pertemuan ini diawali dengan pemaparan tentang kondisi atau potensi unggulan diberbagai bidang yang dimilik kabupaten Mansel.

Pemaparan dilakukan secara lisan oleh Bupati Mansel, Markus Waran, maupun melalui pemutaran video yang disiapkan tim Pemda Mansel dihadapan S.D Darmono bersama jajarannya.

Mendengar dan menyaksikan pemutaran video terkait potensi Mansel, S.D. Darmono, menyampaikan bahwa dirinya tertarik untuk lakukan kerja sama dengan Pemda Mansel.

“Kalau sekarang pak Bupati mau meroba pola kantor Bupati, maka kami mau bantu pak Buapti dalam pembentukan tata ruang, jadi kami punya arsitektur dari seluruh dunia pak. Mau tiru yang Spanyol boleh, mau tiru yang dari Amerika ada. Kemudain saran saya untuk Manokwari Selatan ini pertama mustinya dibangun kantor Bupati bersama hotelnya (untuk menunjang perkembangan pariwisata), hotel yang bagus jangan tanggung,”kata Darmono.

Darmono, juga menawarkan kerja sama dibidang pedidikan termasuk pemberina beasiswa gratis bagi anak-anak Mansel yang berprestasi untuk mengenyam pendidikan di sekolah milik Jawabeka Grup, dari jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Yakni sekolah bahasa Inggris, Jepang, Korea dan Cina.

“Kami juga bangun Universitas bahasa Inggris pertama di Indonesia yaitu Presiden Universiti. Selama ini banyak memberi beasiswa keseluruh Indoensia termasuk Papua juga. Selama 17 tahun berdiri sudah menghasilkan banyak sarjana yang pegang jabatan penting disejumlah perusahan. Mahasiswa asing juga kami beri beasiswa, karena banyak mahasuiswa asing kuliah di Presiden Universiti. Kami juga bangun SMA Presiden yang dengan gaya militer seperti SMA Taruna di Magelang berdiri sudah 15 tahun, SMP Presiden, juga ada SD termasuk Politeknik, semua ada disana untuk menyiapkan SDM Indonesai, Pemda Mansel bisa mengirim anak-anak kesini dan bisa dapat beasiswa,”kata Darmono.

Dibidang pariwisata, Darmono berharap Bupati Mansel mengirim anak-anak Mansel usia kerja untuk mengikuti kursus singkat dari 3 bulan sampai setahun di tempat milik Jawabeka, termasuk pembekalan empat bahasa asing untuk menunjang pariwisata khususnya untuk ditempatkan pada hotel yang dibangun bersama kantro Bupati.

Gayung pun bersambung, Bupati Mansel, Markus Warna, juga mengaku bersedia kerja sama dengan Jawabeka seusai mendengar penjelasana dan saran dari S.D Darmono saat itu.

“Tahun ini kita rencanakan mulai pembangunan, tapi kita rencanakan tahun 2020 mulai pembangunan akan kita anggarkan 100 miliar tahap pertama. Maka diperlukan masterplan/tatarung kantor Bupat yang ada kamar hotel, ada ruang meeting. Kalau perlu kamar hotel Multifungsi lah bisa digunakan untuk kamar Presiden menginap jika kesana. Maka perlu arsitek yang pandai. Jadi saya pikir, kesimpulan saya, kami Pemda Masnel saat ini ingin kerja sama dengan Jawabeka. Pertama, terkait dengan penataan tataruang kota kecil termasuk kantro Bupati yang ada sehingga teringkut semua yang bapak jelaskan tadi. Kantor Bupati yang terintegrasi, lahannya kami siapkan untuk bangun kantor Bupati dimaksut,”ujar Markus Waran.

Menindak lanjut pertemuan tersebut, S.D Darmono minta untuk dilakukan rapat lanjutan, bertujuan untuk lakukan penandatangan kesepakatan kerja sama dan siap mengirim para arsitektur handalnya ke Mansel untuk mulai kerja sama.[mnr]

 

Related posts
Manokwari SelatanPendidikan

Pemkab Mansel mendukung Pembentukan CDP untuk Urai Persoalan Pendidikan SMA

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Rencana Dinas Pendidikan Papua Barat akan bentuk empat Cabang Dinas Pendidikan (CDP) mendapat Dukungan dari Pemda Manokwari Selatan (Mansel). Diketahui, realisaikan kebijakan…
Manokwari SelatanPendidikan

Upaya Disdik Mansel Menghadap Tuntutan Pendidikan Berbasis Teknologi Ditengah Keterbatasan

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Pendidikan berbasis teknologi dirasa belum maksimal di Manokwari Selatan (Mansel). Padahal, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) tengah mengupayakan perbaikan dalam…
Manokwari Selatan

Pelaksanaan UAS Tingkat SD Kabupaten Manokwari Selatan, Ketat Prokes

1 Mins read
PENTUL,MANSEL
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *