NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Ratusan Nelayan Mansel Ikut Diklat BST dan SKK 30 Mil

2 Mins read

Oransbari,-Ratusan Nelayan di kabupaten Manokwari Selatan (Pemkab Mansel), Provinsi Papua Barat mendapat kesemptan mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) berupa Diklat Basic Safrety Training Kapal Layar Motor (BST KLM) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 30 Mil.

Penyelenggaraan program DPM ini merupakan kerja sama antara Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong dan Pemkab Mansel, berlangusng di Oransbari, Senin (18/3) sampai dengan Rabu (20/3/19).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Mansel, Markus Waran yang diwakili Plh. Sekda Mansel, Elli Dahlia Kartika Sembor.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacankan Plh Sekda, Bupati Mansel mengatakan diera ketebukaan global sekarang ini, persaingan ketat sudah berada didepan mata. Untuk itu diperlukan peningkatan kapasitas melalui pengasaan keterampil maupun peningkatan ilmu pengetahunan, salah satunya adalah dikalt oleh Pemkab Mansel dan BP2IP Sorong.

“Kita atasi dengan tidak berpuas diri terhadap ilmu yang kita miliki selama ini namun hendak terus belajar mengasa kemampuan dan keterampil untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan yang sengat cepat, menghadapi dunia globat dan masyarat asean. Jika kita tidak persiapkan dengan baik kita akan ketinggalan,”kata Bupati.

Menyadari kegiatan dilaksanakan dalam kurun waktu yang singkat yakni selama tiga hari namun peserta harus miliki tanggung jawab untuk mengikuti kegiatan sebaik mungkin demi kepentingan pribadi dan sebagai aset daerah.

“Pemda berharap sodara-sodari sekalian ikuti dengan baik sehingga hasilnya akan menjadi aset Pemerintahan Manokwari Selatan kedepan. Kalian juga menentukan kemajuan dibidang maritim kita kedepan,”ujarnya.

Kepala BP2IP, Heru Widada kepada wartawan menyampaikan peserta yang mengikut sebanyak 210 orang, terdiri atas para Nelayan, Stekholder Perhubungan, dan masyarakat umum di Mansel.

Selama kegiatan, lanjut Heru, peserta akan mendapat materi diruangan dan praktek diatas kapal latih milik BP2IP.

“Nantinya mereka diberi materi cara mengatasi persoalan di laut misalkan ketika ada kejadian mereka hubungi siapa. Kendala komunikasi, permesinan kapal, cuaca, informasi cuaca dari mana. Ini yang akan diberikan kepada mereka sebagai dasar,”jelas Heru kepada wartawan.

Kedepannya, Heru menambahkan, jika ada kesempatan dan kerja sama lanjutan maka para peserta boleh mengikuti diklat lanjutan, yang mana seteleh menerima sertifikat maka dibolehkan untuk bekerja di kapal-kapal niaga besar.

“Ini masih dasar, nanti ada satu tingakat diatasnya, untuk sementara ini program pemerintahan untuk pemberdayaan masyarakat. Pemerintahan sekarang dalam batasan ini mampu memberikan kepada masyarakat kegiatan ini. Kegiatan ini kami akan beri progres kepada piminan bahwa pelatihan masyarakat di Mansel seperti ini, hasilnya ini, tindak lanjut seperti apa kami beri evaluasi untuk kegiatan berikutnya,”kata Heru.

Ia berharap peserta mengikuti kegiatan dengan baik atas kesempatan yang diberikan pemerintahan saat ini.

“BP2IP merupakan lembaga pendidikan dibawa kementrin perhubuhngan. Kita mendapat kuota lakukan pelatihan ini. Kesemptan ini pemerintahan hadir ditengah masyarakat dalam rangkat tingkatkan kompetensi, pengetahuan, sehingga bedampak pada peningkatan kesejah teraan mereka. Jadi harapanya mereka ikut dengan baik,”ujar Heru.[mnr]

Related posts
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Tekad Tingkatkan SDM Pertanian

1 Mins read
  PENTUL, MANSEL-Meskipun terkendala anggaran yang minim. Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pertanian Manokwari Selatan (Mansel) akan terus dikembangkan. “SDM ini yang…
Manokwari Selatan

Wabup Rengkung Jamu Rombongan Kepala BPPSDMP Kementan, Bahas SDM Pertanian

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyambangi…
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *