NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

18 Anggota Panwas Distrik Dibekali Ilmu Pengawasan

1 Mins read

Wakil Bupati Mansel Buka Kegiatan. FOTO KEMA

MANSEL– Wakil Bupati Kabupaten Manokwari Selatan, Wempi Welly Rengkung, Sabtu (28/12) lalu membuka kegiatan pembekalan pengawasan kepemiluan bagi 18 anggota Panwas Distrik se Kabupaten Mansel.

Pembekalan itu dimaksudkan untuk peningkatan kapasitas anggota Bawaslu Kabupaten Manokwari Selatan jelang pelaksanaan pilkada bupati dan wakil bupati kabupaten Manokwari Selatan tahun 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu RI dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Rengkung menyebutkan, rekruitmen anggota panwas distrik yang sudah dilakukan merupakan wujud dari upaya meningkatkan sumber daya manusia pengawas, yang diharapkan ke depannya dengan kemampuan dan kapasitasnya untuk melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Banyak parameter yang ditetapkan dalam seleksi tersebut, selain faktor integritas dan kredibilitas, pengetahuan dan wawasan wawasan, namun juga keterampilan dasar sebagai seorang pengawas,” tegas Ketua Bawaslu RI.

Dengan pengalaman pemilu 2019, lanjut Ketua Bawaslu, semoga dapat dijadikan sebagai modal dasar dalam mengelola pelaksanaan tugas sebagai seorang pengawas pada pelaksanaan Pilkada mendatang.

Usai membacakan sambutan Ketua Bawaslu RI, Wabup Rengkung dalam kesempatan itu berpesan agar kegiatan ini harus diikuti dengan baik, karena ada pemahaman, pengetahuan dan keterampilan. Sebagai pengawas, kita harus bisa menempatkan diri, jangan sampai kita salah melangkah, karena ketika kita salah maka orang lain pasti akan dirugikan,” pesannya.

Wabup Rengkung juga mengingatkan, agar sebelum tanggal 23 September yang merupakan hari H pelaksanaan Pilkada, perlu adanya persiapan yang matang, mulai dari kesiapan diri, disiplin waktu dan sebagainya.

“Pilkada harus tetap berjalan dengan sukses dan terjamin aman serta pelaksanaannya penuh kedamaian, sehingga seluruh masyarakat mendapatkan hak yang sama dalam pesta demokrasi ini,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Mansel, Inggrit Sabubun mengatakan, kegiatan ini banyak materi terkait pengawasan akan diberikan, semoga dapat menjadi acuan dalam melaksanakan kerja-kerja pengawasan.

“Mereka yang terpilih saat ini bukan layak secara kapasitas keilmuan tetapi juga harus layak dalam kapabilitasnya, integritas dan kredibilitas serta pengetahuan tentang kearifan lokal Kabupaten Manokwari Selatan,” tegasnya.

Dia pun sangat berharap agar setelah mengikuti kegiatan ini, 18 anggota Panwas distrik se Kabupaten Manokwari Selatan dapat mengimplementasikannya dalam kerja-kerja pengawasan, demi terciptanya pemilu di Kabupaten Manokwari Selatan yang demokratis, jujur dan adil serta bermartabat.[MDR/R1]

Related posts
Manokwari Selatan

Pertama di Papua Barat, Kemendes dan Pemkab Mansel Launching Program Tekad 

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pertama Kali di Papua Barat, Pemkab Manokwari Selatan (Mansel) bersama Kementrian Daerah Tertinggal (Kemendes) melaunching program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad)…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Hingga September, Ekspor Kakao Kering Ransiki Capai Rp. 8,3 Miliar

1 Mins read
PENTUL, MANOKWARI-Kakao Ransiki kembali diekspor ke luar negeri melalui sejumlah mitra. Terbaru, hampir 11 ton Kakao Ransiki diekspor kepada PT Cargill Surabaya…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *