NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Kemenhub Hadiahi Mansel Satu Unit Kapal Penumpang

1 Mins read

Kado tersebut berupa satu unit kapal kayu berkapasitas 30 orang penumpang.

Kapal yang bernama KM Bahana Nusantara 42 itu berencana akan dioperasikan di Mansel untuk melayani rute antar kampung dan wilayah kampung di Mansel dan sekitarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mansel, Gagarin Moniaga kepada awak media di Ransiki mengakui bahwa kapal tersebut telah berlabuh di tambatan perahu di Oransbari.

“Ia betul kapal kayu hibah dari dirjen perhubungan laut, tepatnya direktorat lalulintas laut, yaitu kapal bahana nusantara 42. Berpakasitas 30 penumpang, dengan kecepatan 10 knot, ngga secepat speedboat. Kami rencana untuk melayani rute pulau-pulau kecil di sekitar rumberpon, kapruf, yembekiri balik kesini,” jelas mantan kepala bandara Kaimana ini.

Ia mengatakan untuk operasional angkutan penumpang baru akan dilakukan pada 2020 mendatang setelah dilakukan pengucapan syukur.

“Kami akan susun rute pelayanan setelah ada pengucapan syukur terlebih dahulu.
Karena kami ini untuk pengangkutan penumpang bagi masyarakat sekitar pulau-pulau, maka harus ada syukuran terlebih dahulu baru dilakukan pelayanan tahun 2020,” terangnya kepada awak media.

Untuk diketahui selama tahun 2019, Dishub Mansel juga memperoleh dua speed boat berkapasitas 400 pk (dua mesin). Dan 6 unit kendaraan roda empat jenis triton untuk melayani transportasi masyarakat pedalaman Mansel.
Baik itu speedboad maupun enam unit mobil triton bersumber dari dana DAK afirmasi transportasi Kementrian Desa Tertinggal.

“Khusus untuk pelayanan masyarakat pedalaman enam distrik baru akan dibuatkan trayek pada tahun 2020,” ujar Gagarin lagi.

Selain itu, Dishub Mansel juga membangun dua tambatan perahu di Oransbari dan di Yaimeki distrik Momi Waren yang bersumber dari dana alokasi khusus.[MDR/R1]

Related posts
Manokwari Selatan

Pertama di Papua Barat, Kemendes dan Pemkab Mansel Launching Program Tekad 

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pertama Kali di Papua Barat, Pemkab Manokwari Selatan (Mansel) bersama Kementrian Daerah Tertinggal (Kemendes) melaunching program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad)…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Hingga September, Ekspor Kakao Kering Ransiki Capai Rp. 8,3 Miliar

1 Mins read
PENTUL, MANOKWARI-Kakao Ransiki kembali diekspor ke luar negeri melalui sejumlah mitra. Terbaru, hampir 11 ton Kakao Ransiki diekspor kepada PT Cargill Surabaya…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *