NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Mansel Mekarkan lagi 202 Kampung Persiapan

2 Mins read

MANSEL– Bupati Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran, akhirnya menyerahkan surat keputusan (SK) pembentukan 202 kampung persiapan/pemekaran sejak diumumkan kampung pemekaran November 2019.

Bupati Waran dalam sambutannya mengatakan pemekran dilakukan oleh Pemkab Mansel berdasarkan undang-undang nomor 6 tahun 2014 demi mengejar ketertinggalan.

“Tidak ada maksud lain. Pemekaran ini dilakukan berdasarkan aspirasi masyarakat yang ingin perubahan. Sesuai dengan undang-undang nomor 2014 tentang desa, di sana telah diamanatkan bahwa upaya pembangunan desa dalam upaya peningkatan kualitas hidup, pembangunan desa upaya peningkatan kualitas hidup sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di baik gunung, pesisir pantai, lembah-lembah, yang tertinggal, terbelakang, termiskin dan dari kebodohan. Itu yang kita perjuangkan. Tidak ada maksud lain, demi mereka yang saya sebutkan tadi untuk cepat sejajar dengan daerah lainnya,” tegasnya.

Dia melanjutkan, hal ini dimaksudkan agar desa baru dapat menaungi masyarakat secara hukum, miliki batas wilayah yang jelas untuk melakukan pembangunan.
Bupati dalam kesempatan itu pun meminta pemerintah kampung induk dan yang baru dibentuk untuk gotong royong mempersiapkan seluruhnya sesuai prosedur hingga jadi kampung definitif.

“Setelah ini tim dari kabupaten turun mengecek wilayah kampung, batas wilayah jelas, dengan kampung induk, sehingga tidak ada dusta diantara kita. Kalau belum jelas kita jelaskan, tapi sampai tidak jelas lagi, titik-titik tidak ada, kita coret,” tegas Bupati.

Tujuan lain dari pada pemekaran, lanjut Waran adalah untuk memajukan perekonomian masyarakat, serta mengatasi kesenjangan pembangunan lokal yang ada, khusus di Mansel tapi juga secara nasional karena Mansel dan Papua merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Berikutnya bertujuan memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan. Bukan asal dimekarkan karena besok bagi-bagi uang kampung, tidak begitu. Mekarkan harus ada motivasi, harus ada inovasi. Motivasi dorongan dari kampung induk, gotong royong, sama-sama bekerja. Harus ada perubahan kampung baru. Melalui dana add yang kita berikan, walapun sedikit, tapi harus ada perubahan disana,” ujarnya lagi.

Bupati juga meminta agar alokasi dana desa dari kampung induk untuk persiapakan kantor persiapan sebagai langkah awal menuju kampung definitif.

Bagi yang sudah mantap, lanjut dia, maka satu tahun sudah bisa didefinitifkan, tapi bagi yang lambat kemajuannya, maka tunggu sampai tiga tahun baru bisa didefinitifkan.

“Jadi bukan bicara main-main, ini tanya kita bicara mekanisme dan prosedur, supaya besok-besok kalau ada pemeriksaan tidak ada masalah. Jadi pemekaran ini betul-betul, bukan rekayasa Bupati, tapi adalah usulan aspirasi dari masyarakat sendiri. Jangan ada yang bilang karena bupati mau maju lagi, tidak ada. Saya mau lanjut juga kenapa, saya punya negeri kok, barang apa?” tegasnya.

Bupati juga kembali mengingatkan agar mengedepankan gotong royong, agar pembangunan kampung lebih cepat maju, sehingga pemerintahan akan menambah sarana umum untuk menunjang kampung seperti air bersih dan sekolah serta infrastruktur dasar lainnya.[MDR/R1]

Related posts
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Tekad Tingkatkan SDM Pertanian

1 Mins read
  PENTUL, MANSEL-Meskipun terkendala anggaran yang minim. Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pertanian Manokwari Selatan (Mansel) akan terus dikembangkan. “SDM ini yang…
Manokwari Selatan

Wabup Rengkung Jamu Rombongan Kepala BPPSDMP Kementan, Bahas SDM Pertanian

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyambangi…
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *