NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Di Oransbari Mansel, Golongan Darah Masuk Sistim Online

1 Mins read

MANSEL– Kepala Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Yacobus F. Ramar, menyebutkan, saat ini pihaknya bekerjasama dengan LSM KOMPAK, untuk mendata golongan darah salah satu kampung di Oransbari yakni kampung Sidang Jaya.

Data golongan darah ini, akan dimasukan ke dalam aplikasi atau sistim administrasi informasi kampung (SAIK).

“Ini maksudknya supaya, ketika ada yang mencari donor darah. Maka kita tinggal klik di sini baik secara online atau offline kita sudah tau siapa siapa saja warga di kampung atau di distrik Oransbari yang mempunyai golongan darah sesuai kebutuhan untuk di donor,” ungkap Ramar.

Saat ini sambung Ramar, khusus kampung Sidang Jaya sudah sekitar 95 persen warga yang sudah ikut tes oleh tim medis dari puskesmas Oransbari.

“Jadi kerja sama dengan tenaga medis dari puskesmas. Kampung yang sediakan alat medisnya. Jadi kedepan ketika ada orang membutuhkan golongan darah tertentu untuk donor tidak perlu cari tinggal kita klik di sistim, kita hubungi bersedia atau tidak untuk donor. Jika siap langsung lakukan pemeriksaan di puskesmas atau screening dara pendonor tersebut bisa didonorlan atau mempunyai malaria atau lainnya,”ujarnya.

Program tersebut kata Ramar sangat membantu warga Mansel khusus Oransbari karena saat ini Mansel belum ada lembaga penyedia darah untuk di donor seperti PMI.

“Perogram ini atas inovasi KOMPAK, dibantu teman teman dari UI bekerja sama dengan Pemerintahan Kabupaten Mansel,”ujarnya.(MDR/R1)

Related posts
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Tekad Tingkatkan SDM Pertanian

1 Mins read
  PENTUL, MANSEL-Meskipun terkendala anggaran yang minim. Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pertanian Manokwari Selatan (Mansel) akan terus dikembangkan. “SDM ini yang…
Manokwari Selatan

Wabup Rengkung Jamu Rombongan Kepala BPPSDMP Kementan, Bahas SDM Pertanian

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyambangi…
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *