NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari SelatanPapua BaratPendidikan

Bupati Mansel Markus Waran Bacakan Pantun

1 Mins read

Ransiki,-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran, rupanya jago dalam hal meramu baris-baris pantun.

Kemampuan yang jarang sekali dipubils oleh orang nomor satu di lingkung Pemkab Mansel ini, terungkap pada acara sertijab Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Ransiki, Zadrak Fandy, kepada kepsek baru, Selasa (29/1).

“Mengawali kegiatan ini tadi “Oma Mala” (salah satu pensiunan guru di Ransiki) baca puisi maka saya akan baca pantun bagi kita sekalian. Pantun ini tadi malam saya duduk ketik sendiri dan saya foto di HP nanti saya baca. Pantun ini menyangkut pembangunan pendidikan,”tukas Waran, awali Pantun.

Makna atau pesan yang tersirat dari pantun Markus Waran, menyampaikan bahwa pendidikan merupakan salah satu jembatan emas jika ingin meraih masa depan yang gemilang. Pendidikan akan menjembatani generasi penerus Mansel sebagai tulang punggung keluarga, daerah Mansel, maupun Bangsa Indonesia.

Menurut Waran, jadikan pendidikan sebagai nomor satu. Pemikiran itu harus dimiliki setiap siswa dan orang tua. Untuk itu, setiap pagi rajin berangkat sekolah tepat waktu. Bila terlambat maka akan ketinggalan kereta (ketinggalan ilmu, pelajaran) yang berakhir penyesalan.

Pendidikan lanjut Waran, tidak perna lepas dari jasa guru. Provesi mulia yang di identikan dengan pahlawan tanpa tanda jasa itu.
Isi pantun itu seperti dibawa ini:

“Ikut lomba tapi kalah, lalu pulang dengan hati kesal. Saat mudah rajin sekolah, saat tua tidak akan menyesal. Berlari cepat mengejar waktu. Terlambat sudah tertinggal kereta. Pendidikan itu harus nomor satu, baik kemajuan bagi kabupaten Manokwari Selatan.
Liburan seru di kota Ransiki tepatnya gunung Botak. Tak ingin pulang terburu-buru. Jika diri jadi pintrar berterima kasihlah kepada guru.
Pukul tujuh pagi masuk kelas, kerjakan tugas soalnya rumit. Menuntut ilmu dengan iklas untuk cita-cita setingga langit.
Demikian dan terima kasih. Ciptaan dari Mawar (Markus Waran),”ujar Waran. (MNR)

 

Related posts
Ekonomi & BisnisPapua Barat

Ciptakan Value Edded Kopra Tambrau : BI Alokasi Rp. 300 Juta kepada Unipa

1 Mins read
Kepala BI perwakilan Papua Barat, Rut W. Eka Trisilowati / Lio PENTUL,RANSIKI-Dengan slogan membangun negeri, Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat terus…
Manokwari Selatan

Markus Waran Diundang Bank Indonesia Papua Barat Jadi Pembicara 

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan Markus Waran di undang kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat ke Kabupaten Tambrau, menjadi pembicara bagi petani Kopra…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Bank Indonesia Bantu Tiga Mesin Pengolahan Coklat Batangan kepada Koperasi Ebier Shut

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat, menyalurkan tiga buah mesin senilai Rp.200 juta kepada rumah produksi pengolahan coklat batangan milik koperasi Ebier…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *