NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Bandara Abreso Masuk Radar Pembangunan Nasional

1 Mins read

MANSEL– Usaha dan kerja keras yang dibarengi dengan intensnya koordinasi oleh Pemerintahan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) melalui instansi teknis terkait dengan pemerintahan pusat, akhirnya membuahkan hasil.

Bandara Abreso di Ransiki sejak akhir 2019 lalu sudah masuk dalam rencana kerja jangka menengah Bappenas atau masuk dalam radar pembangunan Nasional.

Selain Bandara Abreso, terdapat 19 bandara lain di Indonesia termasuk di Raja Ampat dan Fakfak juga ikut masuk kedalam Renja-nya Bappenas. Dengan demikian dipastikan akan ada intervensi APBN.

“Ada 20 bandara di Indonesia masuk dalam rencana strategis lima tahun Bappenas termasuk Abreso, Raja Ampat dan Fakfak. Yang jelas ke depan sudah ada intevensi oleh APBN, mereka sudah masukan ke dalam renja Nasional,” ujar Bupati Markus Waran menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti ibadah bersama peringati HUT PI Masuk di Tanah Arfak yang ke 123 di pantai Petrus Kafiar, Amban Pantai Manokwari, Selasa (11/2).

Singgung soal persiapan Pemkab Mansel terkait pembangunan lanjutan Bandara Abreso, Waran mengaku otomatis ada di tahun 2020 ini, namun tetap disesuaikan dengan anggaran daerah yang ada.

“Untuk pemda Mansel terkait bandara, jadi kita gunakan APBD sesuai kemampuan,” kata Waran, singkat.

Untuk diketahui, tindak lanjut menyusul masuknya Bandara Abreso ke dalam program kerja jangka menengah Nasional, Pemkab Mansel melalui Dinas Perhubungan Mansel tengah mempersiapan dokumen usulan pembangunan bandara secara terperinci kepada pemerintaan pusat dalam hal ini Bappenas maupun Kementrian Perhubungan melalui Dirjen perhubungan Udara. Untuk itu, dipastikan tahun 2021 mendatang sudah ada intervensi dari pemerintah pusat melalui APBN.

Bupati lebih lanjut mengatakan, kabar gembira tersebut sebenarnya tidak saja menjadi kabar gembira bagi pihak Pemkab Mansel dan dirinya selaku kepala daerah saja, tetapi kabar baik bagi seluruh warga Mansel yang sejak sekian lama menantikan hal itu terjadi.

Secara terpisah, Sekretaris Dinas Perhubungan di Ransiki belum lama ini juga mengatakan selain sedang menyusun dokumen rencana program pembangunan bandara terperinci atau detail. Pada tahun 2019 ini, akan ada intervensi pembangunan drainase bandara dari Pemerintahan Papua Barat dengan anggaran sebesar Rp.4 miliar.[MDR/R1]

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *