NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Akhiri Polemik, 21 Mahasiswa FKIP UNIPA Mansel Ditarik Kuliah di Manokwari

2 Mins read

MANSEL,-Menyelesaikan polemik mahasiswa FKIP UNIPA Manokwari kelas Manokwari Selatan, seluruh mahasiswa, perwakilan forum peduli mahasiswa, bersama pihak UNIPA dan pemerintahan daerah Manokwari Selatan melakukan pertemuan yang digelar di pendopo Bundaran Lachay Roi Ransiki, Jumat (14/2).

Setelah melakukan pertemuan antara mahasiswa bersama Rektor UNIPA Manokwari, Jacob Manusawai dan Pemerintahan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), dihadiri Bupati, Makrus Waran dan Sekda, dr. Hengky V. Tewu akhirnya menemui kata sepakat.

Yakni para mahasiswa/i sekitr 20 orang yang merasa tidak nyama dengan tempat tinggal akan mengikuti kuliah di Manokwari sedangkan sekitar 235 mahasiswa lainnya tetap lanjutkan perkuliahan di Ransiki.

“Yang bermasalah itu karena mereka sakit. Tidak cocok dengan keadaan disini, tempat tinggal belum aman, mereka turun untuk kuliah di kota,” kata Manusawai usai pertemuan kepada awak media.

Rektor menegaskan keputusan tersebut bersifat sementara, ke depanya perkuliahan tetap difokuskan di Ransiki khusus untuk FKIP, karena kampus Ransiki adalah masa depan FKIP Unipa karena di Amban tidak ada ruang perkuliahan untuk FKIP.

Selama ini mahasiswa FKIP di Manokwari mengikuti kuliah meminjam ruang kuliah fakultas lain, sehingga sangat tidak nyaman.

“Kita berpikirnya ke masa depan berpikirnya ke depan, bukan berpikir ke belakang. Ini solusi antar waktu saja. Sekitar 20 an orang saja yang sedikit bermasalah dari 255 mahasiswa, mereka ini sesudah di sini kondisi yang mereka dapati di sini, sehingga ada yang sakit, tempat tinggal dia belum rasa nyaman. Kan namanya orang penyesuaian. Jadi mungkin dalam waktu dekat dia belum rasa nyaman, kita kasih kesempatan dia boleh kuliah di manokwari, tapi ke depan FKIP tetap berada di sini,” ujarnya.

Sementara Wakil Dekan I, Yan Nunaiki saat dikonfirmasi meminta kepada mahasiswa yang kembali kuliah di Manokwari untuk tidak permasalahakan, jika perkuliahan di Manokwari tidak akan maksimal seperti di Ransiki. Karena di Manokwari, Fakultas FKIP hanya meminjam ruangan fakultas lain. Sehingga ketika kembali ke Manokwari, maka akan mengganggu jadwal yang sudah ditetapkan, yang akan berdampak pada proses perkuliahan fakultas lain jika dipaksakan untuk merubah kembali jadwal yang ada.

Bagi dirinya kata Nunaiki, akan sangat tidak mungkin untuk merubah jadwal yang ada.

“Kami akan kesulitan menyesuaikan dengan jadwal yang ada dibawa. Karena dibawa punya jadwal tersendir, karena akan bertabrakan dengan jadwal fakultas lain, karena kita hanya menumpang di ruangan fakultas lain. Dan juga SDM kita yang mengajar mata kuliah yang sama program studi yang sama dia harus membagi untuk mengajar diatas, dia tidak bisa mengajar diatas lalu dia harus turun kekota untuk mengajar jam berikutnya dihari yang sam. Jadi dampaknya itu ke jadwal, pemanfaatan ruangan, SDM yang ada untuk melayani, sehingga dampaknya sangat mengganggu proses kegiatan belajar mengajar mereka, jadi tidak akan maksimal,”jelas Nunaiki.[MDR/R1]

Related posts
Manokwari Selatan

Markus Waran Diundang Bank Indonesia Papua Barat Jadi Pembicara 

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan Markus Waran di undang kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat ke Kabupaten Tambrau, menjadi pembicara bagi petani Kopra…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Bank Indonesia Bantu Tiga Mesin Pengolahan Coklat Batangan kepada Koperasi Ebier Shut

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat, menyalurkan tiga buah mesin senilai Rp.200 juta kepada rumah produksi pengolahan coklat batangan milik koperasi Ebier…
Manokwari Selatan

Gebrakan Kadis DLH, Mulai Jemput Sampah Rumah Tangga di Oransbari

1 Mins read
PENTUL, ORANSBARI-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manokwari Selatan (Mansel) tengah mencari solusi mengatasi persoalan sampah di daerah tersebut. Kepala DLH Mansel Christofol Mandacan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *