NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Mekarkan 204 Kampung di Mansel, Bupati: Ada Suntikan Dana APBD

1 Mins read

MANSEL– Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran menyebutkan, pemerintah Mansel akan menyuntik tambahan dana guna pembangunan balai kampung dan kantor bagi 204 kampung pemekaran di wilayah ini.

Hal itu disampaikan Bupati Waran, saat menyerahkan SK pemekaran ke 49 kampung persiapan Distruk Dataran Isim !di di Balai Pertemuan Kantor Distrik Dataran Isim, belum lama ini.

“Pemerintah akan menambah sejumlah aaggaran untuk kampung persiapan. Alokasi anggaran itu dipergunakan untuk bangun balai kampung dan kantor kampung. Tetapi kita akan lihat dulu, apakah dia benar-benar serius mempersiapkan kampung pemekaran mereka atau tidak, kalau tidak berarti anda tidak dapat,” tegasnya.

Dikatakan, kampung yang telah mendapatkan SK Bupati sebagai kampung persiapan, tidak serta merta otomatis menjadi kampung definitif, tetapi harus memenuhi sejumlah persyaratan.

“Nanti akan ada tim khusus yang melakukan penilaian. Olehnya, kampung induk maupun kampung persiapan, agar benar-benar mempersiapkan segala sesuatu terkait pembentukan kampung definitif dengan baik, dengan cara kerjasama,” tegasnya.

Bupati saat menyinggung soal anggaran desa mengatakan, terkait dengan penggunaan anggaran desa, para kepala kampung induk harus merembuk bersama calon kampung persiapan, agar bisa dibagikan secara merata.

“Sumber dana desa ini dari Dana Desa, ADD dan Otsus. Olehnya, harus dibagi secara merata dengan kampung persiapan. Ini harus duduk secara bersama, agar tidak ada yang kecewa. Kampung induk, harus benar-benar mengawal kampung persiapan, agar sebelum batas waktu tiga tahun, sudah dapat didefinitifkan. Namun jika tidak dipersiapkan secara baik, maka tentu kita tidak usulkan jadi kampung definitif,” kata Waran.(MDR/R1)

Related posts
Manokwari Selatan

Pertama di Papua Barat, Kemendes dan Pemkab Mansel Launching Program Tekad 

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pertama Kali di Papua Barat, Pemkab Manokwari Selatan (Mansel) bersama Kementrian Daerah Tertinggal (Kemendes) melaunching program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad)…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Hingga September, Ekspor Kakao Kering Ransiki Capai Rp. 8,3 Miliar

1 Mins read
PENTUL, MANOKWARI-Kakao Ransiki kembali diekspor ke luar negeri melalui sejumlah mitra. Terbaru, hampir 11 ton Kakao Ransiki diekspor kepada PT Cargill Surabaya…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *