NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Dukung Pempov PB Bangun BLK, Pemkab Mansel Siapkan Lahan 5 Ha

1 Mins read

MANSEL– Pemerintahan Provinsi Papua Barat sejak tahun 2019 telah mulai bangun balai latihan kerja (BLK) diatas lahan seluas 5 hektar di distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel).

Bupati Mansel, Markus Waran pada Jumat (21/2) berkesempatan kunjungi lokasi pembangunan dan sempat berdiskusi dengan para konsultan proyek di sela-sela agenda turun lapangannya hari itu.

Menurut Bupati Waran, pembangunan BLK tersebut dilakukan Provinsi Papua Barat oleh dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Pemprov Papua Barat mengalokasikan anggarannya, sedangkan areal lokasi ini hibah dari Pemda Mansel melalui masyarakat pemilik hak ulayat. Jadi areal yang disediakan untuk membangun gedung balai latihan kerja ini seluas lima hektar yang diserahkan,”kata Waran.

Karena proyek tersebut dikerjakan Provinsi, sehingga dirinya tidak mengetahui pasti besaran anggaran maupun sumber anggaran yang digunakan dalam pembangunan tersebut. Namun yang pasti dirinya mengapresiasi Pemprov Papua Barat karena telah membangun di Mansel untuk pendidikan dan pelatihan masyarakat ke depan.

“Tapi yang saya dengar dari Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Papua Barat bahwa sumber dana pembangunan tahap pertama sejak 2019 adalah untuk bangun landscap dan pagar bersumber dari pemerintahan provinsi papua barat, alokasinya berapa saya tidak tau,” aku Waran.

Berdasarkan keterangan konsultan, sambung Bupati, setelah pembangunan ini tahap pertama dan tahun ini dibangun kolam ikan, akan dilanjutkan pembangunan satu restoran. Setelah itu akan dibangun sejumlah bangunan utama BLK.

“Menurut konsultan bahwa tahap selanjutnya akan dibangun beberapa gedung balai latihan kerja. Jadi konstruksi yang kita lihat yang ada di depan ini kolam ikan sekaligus dengan bangunan restoran di sebelahnya,” ujarnya.

Setelah jadi, lanjut dia, masyarakat akan dikirim ke sini untuk latihan kerja di sini, mengikuti ada beberapa program studi, mungkin kelistrikan, perikanan, pertanian, perkebunan, perdagangan, bangunan, jahit menjahit.

Dia juga mengaku, sesuai perencanaan, akan dibangun kampus di sini, tapi itu masih dalam tahap perencanaan.[MDR/R1]

Related posts
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Tekad Tingkatkan SDM Pertanian

1 Mins read
  PENTUL, MANSEL-Meskipun terkendala anggaran yang minim. Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pertanian Manokwari Selatan (Mansel) akan terus dikembangkan. “SDM ini yang…
Manokwari Selatan

Wabup Rengkung Jamu Rombongan Kepala BPPSDMP Kementan, Bahas SDM Pertanian

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyambangi…
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *