NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Kepala Bappeda Mansel: Nenei Miliki Potensi Menjanjikan

1 Mins read

MANSEL– Kepala Bappeda Manokwari Selatan (Mansel), Piter R. mengatakan, Distrik Nenei memiliki potensi pertanian yang sangat menjanjikan, terutama di bidang hortikulura dan perkebunan yakni pengembangan kopi.

Hal itu disampaikan Piter, saat membuka musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat Distrik Nenei, belum lama ini.

“Potensi yang ada distrik nenei ini, seperti yang disampaikan tadi bahwa di Nenei ini, mempunyai potensi besar hanya belum kita masksimalkan. Misalnya didalam dalam perencanaan pembangunan di kabupaten, distrik Nenei ini masuk ke daerah sentra pertanian, memang tidak sama dengan Oransbari. Di sini merupakan sentra pertaninan horltikultura seperti sayur-sayuran. Ini barang kali bagaimana kita manfaatkan potensi yang ada untuk dijadikan penghasilan tambahan untuk masyarakat,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk mengembangkannya, tidak bisa Dinas Pertanian berjalan sendiri tanpa dukungan dari semua stekholder yang ada, termasuk warga di Distrik ini.

“Pengembangan pertanian dan perkebunan, harus melibatkan semua elemen masyarakat, terutama pemuda. Pemuda itu penting sekali untuk dilibatkan. Kita ajak pemuda untuk menekuni pertanian. Ke depan ini pertanian tidak seperti yang dulu, harus pegang cangkul. Ke depan kita pakai mesin semua. Kita sudah masuk dunia pertanian moderen. Banyak dibantu dengan mekanisasi, ini mungkin dikembangkan dengan karekteristik yang ada, mungkin potensi apa yang kita kembangkan salah satunya adalah di bidang holtikultura ini,” jelas Piter.

Meski demikian, dirinya tidak menampik jika, infrastrukut dasar seperti jalan dan jembatan sangat menentukan maju mundurnya dunia pertanian di Nenei.

“Saat ini, infrastruktur dasar itu sebagian besarnya sudah dikerjakan daerah. Untuk itu dibutuhkan kemauan dari masyarakat yang tentunya akan didampingi Dinas Pertanian,” katanya.

Dia mengatakan, selain holtikultura, perkebunan kopi cukup potensial.

“Kalau kita kembangkan pasti bagus dan akan berdampak kepada ekonomi masyarakat. Untuk pemasaran jalan sudah cukup memadai, kami berharap ke depan dapat kita kembangkan,” pungkasnya.[MDR/R1]

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *