NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Puskesmas Oransbari Mansel, Rujuk Satu Pasien ke Manokwari

1 Mins read

MANSEL– Sabtu (21/3/2020) malam, Puskesmas Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), terpaksa harus merujuk satu pasien ke RSUD Manokwari.

Pasien yang dirujuk ke Manokwari setelah ditangani beberapa saat di Puskesmas Oransbari, diduga merupakan pasien yang baru tiba di Mansel.

Dikhabarkan, pasien tersebut saat ini masih dalam isolasi di RSUD Manokwari.

Ketua Tim Satuan Tugas Penangan Virus Corona (Covid 19), dr. Hengky V. Tewu saat dihubungi wartawan Sabtu malam mengapresiasi langkah yang diambil oleh petugas medis di Puskesmas Oransbari.

Ia menilai apa yang dilakukan para petugas medis sudah sesuai prosedur penanganan disaat kondisi merebaknya covid 19 saat ini, ini sebagai langkah pencegahan.

“Setiap yang datang dari daerah episenturum corona maka dia akan dianggap pasien. Nah, sekarang untuk ketahui dia infeksi apa, paru paru atau infeksi lain-lain, maka dibutuhkan rontgen di rumah sakit untuk mengetahui statusnya. Apa hasilnya dia tergolong ODP, apa bukan. Nanti hasil rontgennya yang akan menetukan statusnya PDP atau bukan dalam satu dua hari ke depan,” terang Sekda Mansel dari balik teleponnya.

Selain itu, Hengky juga mengakui ada salah satu warga Mansel lainnya masuk dalam status orang dalam pemantauan (ODP) dan sedang melakukan isolasi mandiri di rumahnya sendiri. Dikatakan, yang bersangkutan telah melapor ke pihak petugas kesehatan, setelah yang bersangkutan pulang dari daerah terdampak corona.

Dia pun sangat berharap, bagi warga Mansel jika baru saja pulang dari daerah terdampak corona, untuk secara sukarela melaporkan diri ke Puskesmas dan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing agar mendapat pantauan dari petugas kesehatan.

“Kalau orang yang baru pulang dari daerah terdampak dia hanya berstatus dalam pemantaua (ODP). Dia hanya membutuhkan waktu isolasi selama 14 hari, untuk itu diharapkan bisa lakukan isolasi secara mandiri. Apabila dia mengalami gejala sakit petugas kesehatan akan rujuk ke RSUD,” kata Hengky.[MDR/R1]

Related posts
Manokwari Selatan

Pertama di Papua Barat, Kemendes dan Pemkab Mansel Launching Program Tekad 

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pertama Kali di Papua Barat, Pemkab Manokwari Selatan (Mansel) bersama Kementrian Daerah Tertinggal (Kemendes) melaunching program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad)…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Hingga September, Ekspor Kakao Kering Ransiki Capai Rp. 8,3 Miliar

1 Mins read
PENTUL, MANOKWARI-Kakao Ransiki kembali diekspor ke luar negeri melalui sejumlah mitra. Terbaru, hampir 11 ton Kakao Ransiki diekspor kepada PT Cargill Surabaya…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *