NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Mansel Perang Lawan Corona!! Tim Covid-OPD Gabung Jurus

2 Mins read

Masyarakat bersama Tim Covid dari Dinas Lingkungan Hidup dan Perindagkop bangun westafel di pasar Kenangan Ransiki.

MANSEL– Perang melawan penyebaran Covid 19, tim penanganan Covid 19 Kabupaten Manokwari Selatan dibawa komando dr. Hengky V. Tewu terus bergerak. Mereka sepakat untuk melaksanakan tugas perang melawan covid 19 di daerah itu.

Tim Covid 19 Mansel pada Selasa (24/3/2020) kembali melakukan rapat dengan para medis puskesmas Ransiki di gedung baru Puskesmas Ransiki yang dibangun Pemprov Papua Barat di Kampung Sabri Distrik Ransiki.

Sesuai pantauan media ini, dalam pertemuan tersebut, sebelum membahas terkait teknis penanganan di lapangan dan simulasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi akibat Covid 19 ke depan.

Kegiatan ini didahulu dengan materi sosialisasi singkat dari dr Hengky V. Tewu terkait cara penularan Covid 19, gejala hingga pengertian status pasien dari OPD, PDP hingga pasien suspect corona yang dijelaskan secara singkat padat dan jelas kepada sejumlah petugas medis maupun anggota Tim Covid di wilayah Ransiki. Hal ini dimaksudkan sebagai dasar dalam jalankan tugas sebagai Tim Pencegahan Covid 19.

Dalam pertemuan yang dihadiri puluhan peserta termasuk Waka Polres Ransiki, Kompol Suroto, Danramil Ransiki, sejumlah kepala OPD dan para tenaga medis itu, juga membahas terkiat kekurangan APD, agar harus digunakan secara efektif dan tepat agar tidak terjadi pemborosan.

Rapat tersebut, juga memutuskan sejumlah strategi penanganan seperti melimpahkan tanggungjawab kepada semua OPD di Mansel untuk sisihkan anggaran untuk keroyokan menangani Covid.

Misalkan, Dinas Lingkungan Hidup di tugaskan harus memastikan persediaan listrik di gedung puskesmas yang baru dengan membelanjakan pulsa secukupnya selama penangan agar tetap stabil. Bukan itu saja DLH Mansel juga ditugaskan agar memastikan mesin genset sumber listrik alternativ di gudang farmasi Dinas Kesehatan Mansel untuk memenuhi pasokan listrik di gedung Puskesmas baru yang akan digunakan dalam waktu dekat dalam stand by.

Sementara BPBD diarahkan oleh ketua Tim bertangugngjawab bangun westafel (untuk mencuci tangan) di sejumlah titik tempat umum di kota Ransiki, maupun distrik lainnya termasuk di setiap puskesmas dalam jumlah yang cukup untuk mencegah penyebaran Covid antara warga Mansel.

Dinas Perindakop, ditugaskan untuk memastikan persediaan sembako di Mansel tetap aman. Hingga harus melakukan simulasi persediaan pangan jika terjadi hal paling buruk misalkan di Lock Down nantinya. Selain itu, Perindakop juga ditugaskan khusus membangun Westafel disetiap pasar.

Untuk penyediaan westafel tersebut Hengky mengharapkan keterlibatan masyarakat untuk mengambil langkah seperti apa yang dilakukan masyarakat Oransbari yang secara sukarena patungan bangun westafel satu di pasar Oransbari.
“Selan itu saya juga berharap para medis juga mulai mengajarkan ilmu atau cara membuat disinfektan kepada masyarakat sehingga tugas ini menjadi tanggung jawab kita semua, kita mita dukungan dari masyarakat untuk bersama kita atasi virus ini,” ujar Hengky.

Hengky meminta pimpinan OPD lainnya yang itdak hadir dalam pertemuan tersebut untuk tidak ragu menyisikan anggaran yang ada di DPA masing-masing agar untuk kebutuhan penanganan Covid sesuai kebutuhan situasional, sebab ada aturan yang telah mengatur penggunaan dana untuk kegiatan situasioanl jika ada kejadian darurat seperti yang dimuat dalam Inpres nomor 14.

“Karen di tim satgas ini terutama kan dikasi kewenangan untuk semua OPD untuk memaksimalkan anggaran mereka untuk membantu, Jadi kita belum ada tambahan anggaran selain yang sudah dialokasikan. Karena untuk obat cuku di gudang. Jika ada kekuranga akan kita tambahakan, arahnya kesana. Tim satgas bukan OPD baru, hanya mempunya kewenangan bisa menggerakan semua, dan anggaran disana. Makanya kami tidak diskusi anggaran,” terang Hengky.

Sementara itu terkait sosialisasi bahya Covid termasuk himbauan maklumat Kapolri, selain ditugaskan kepada pihak keamanan, Hengky berharap seluruh warga Mansel untuk partisipasi menyebarluaskan inforamsi itu sehingga masyarakat awam dapat paham terkait bahaya dan pencegahannya dengan cara dan bahasanya masih-masing yang mudah dipahami masyarakat.

Sementara itu, saat diwawancara usai rapat terkait ada OPD yang sejauh ini belum menujukan niat untuk membantu bersama Tim Covid yang telah bergerak selama ini, Hengky berjanji akan gerakan OPD tersebut agar bersama-sama OPD yang sudah aktif bergerkat menangani bersama.

Untuk diketahui, setelah melakukan rapat Hengky bersama tim memantau langsung persediaan obat di gudang Farmasi Dinas Kesehatan Mansel dan meninjau kondisi mesin genset yang ada belakang gudang Farmasi.[MDR/R1]

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *