NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Satgas Covid-19 Mulai Berlakukan SOP di Puskesmas Ransiki

1 Mins read

MANSEL– Dalam rangka penguatan pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di Manokwari Selatan, Satgas dan petugas kesehatan Senin (23/3) melakukan tatap muka dalam rangka penyamaan presepsi standar pelayanan di puskesmas. SOP tersebut disusun dengan dasar pengamanan petugas dan kenyamanan pasien.

Tim Covid periksa persediaan obat di gudang milik Dinas Kesehatan Mansel

Kepada media, ketua tim satgag covid-19 Mansel dr. Hengky Veky Tewu menyampaikan bahwa dalam situasi saat ini pihaknya bersama-sama dengan petugas kesehatan di garda terdepan akan menyusun skenario lain dibanding dengan biasanya, apabilah dalam situasi normal pasien dianjurkan untuk datang ke fasilitas kesehatan maka dalam situasi saat ini layanan kesehatan puskesmas akan melakukan layanan konsultasi via telfon seluler.

“Untuk sementara, kita akan jalankan sistem konsultasi via telfon, apabilah pasien melalui hasil konsultasi dokter perlu di datangi maka petugas akan kerumahnya, dan apabilah hanya perlu dikasih obat maka akan dikirimi obat dan dianjurkan untuk datang ke puskesmas apabilah memang itu perlu, ini dimaksudkan untuk mengurangi kontak langsung antara petugas dan pasien serta pasien dengan pasien lainnya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Hengky juga menyampaikan bahwa upaya-upaya lain yang akan dilakukan adalah skenario pemanfaatan petugas. Skenario ini dimaksudkan untuk mengurangi potensi ODP bagi para petugas, apabilah semua petugas masuk bersamaan kemudian pada hari yang sama ada pasien yang minimal masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP) maka petugas yang memberi pelayanan akan menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

“Dan pada saat itu terjadi, kita harus masih punya sumber daya yang cukup untuk melanjutkan pelayanan, sebab pelayanan kesehatan lainnya di puskesmas harus tetap berjalan maksimal,” tambahnya lagi.

Sesuai dengan pantauan media, pertemuan tim satgas ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Manokwari Selatan, Waka Polres Manokwari Selatan, Ketua Dewan Adat Mansel Yusuf Kawey, Kapolsek Oransbari, Kepala Distrik Oransbari, para Kepala Bidang di Dinas Kesehatan, Kepala BNPB Mansel serta beberapa anggota satgas lainnya.

Setelah pertemuan satgas juga langsung memberikan pengumuman kepada warga tentang beberapa poin yang mereka sepakati, terutama tentang social distancing, dimana untuk urusan kesehatan tim telah melampirkan nomor kontak yang harus mereka hubungi apabila membutuhkan layanan.(MDR/R1)

Related posts
Manokwari SelatanPendidikan

Pemkab Mansel mendukung Pembentukan CDP untuk Urai Persoalan Pendidikan SMA

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Rencana Dinas Pendidikan Papua Barat akan bentuk empat Cabang Dinas Pendidikan (CDP) mendapat Dukungan dari Pemda Manokwari Selatan (Mansel). Diketahui, realisaikan kebijakan…
Manokwari SelatanPendidikan

Upaya Disdik Mansel Menghadap Tuntutan Pendidikan Berbasis Teknologi Ditengah Keterbatasan

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Pendidikan berbasis teknologi dirasa belum maksimal di Manokwari Selatan (Mansel). Padahal, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) tengah mengupayakan perbaikan dalam…
Manokwari Selatan

Pelaksanaan UAS Tingkat SD Kabupaten Manokwari Selatan, Ketat Prokes

1 Mins read
PENTUL,MANSEL
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *