NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Pemda Maybrat Seriusi Penanganan Stunting, Ini Langkahnya !!

1 Mins read

MAYBRAT-Serius tanggapi stunting sesuai anjuran pemerintahan Pusat, Pemerintah Kabupaten Maybrat akhirnya mengambil langkah yakni mulai gelar Penyusunan Rencana Aksi Daerah dengan sumber Biaya Operasional Kesehatan (BOK) Stunting tahun 2020.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Maybrat, Drs. Bernad Sagrim, yang diwakili Asisten Dua Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Kabupaten Maybrat, Engelbertus Turot, SP, M.Si.
Hadir pula pada kegiatan ini, perwakilan Dinas Kesehatan, petugas kesehatan dari 14 Puskesmas dan para perwakilan Kader Posyiandu.

Menjadi narasumber pada kegiatan tersebut adalah utusan Dinas Tanaman Pangan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, yang berlangsung di Ayamaru, Jumat,(8/5/2020) laln.

Melalui sambungan telpon, Asisten Dua, Engelbert Tutor kepada media ini menjelaskan, setelah kegiatan tersebut usai Pemda akan bentuk tim yang melibatkan komponen terkait/berkompeten.

Menurut Engelber, tim tersebu bertugas memberi pertimbangan dan masukan kepada pemerintah terkait langkah tepat penanganan stunting, agar ada kebijakan-kebijakan strategis dalam penanganan stunting terutama yang menimpah anak balita/usia dibawah 5 tahun maupun ibu hamil dan janin yang berpeluang mengalami stunting.

“Jadi stunting ini bukan hanya menjadi tanganggung jawab dinas kesehatan tidak, tapi harus melibatkan komponen-komponen terkait, misalnya pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan, ketahanan pangan dan lain-lain dalam penanganan stabting atau gizi buruk,” ujar Engelbertus.

Engelbert menerangkan, permasalahan gizi buruk/stunting kini sudah menjadi masalah Nasional saat ini.

Untuk itu, lanjut Dia, Dinas Kesehatan harus tetap menjadi garda terdepan selain memberangus ancaman covid 19, tapi juga menjadi garda terdepan menangani permasalahan stunting di dilayah Maybrat, selain melibatkan komponen lainnya termasuk masyarakat sendiri.

“Kita sama komitemen dengan pemerintah dan stekholder yang ada untuk membatasi covid 19 dan juga masalah stunting di Maybrat, jadi diharapakan teman-teman puskesmas dan dinas kesehatan saat ini menjadi garda terdepan, sebagai prajurit yg diandalkan oleh daerah untuk tangani stunting juga,,” pungkas pria yang akrab dengan Jurnalis ini.(Charles Fatie)

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *