NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Administrasi Beres, Distrik Aifat Selatan Mulai Salurkan BLT Dana Desa

1 Mins read

MAYBRAT,-Distrik Aifat Selatan kabupaten Maybrat mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa kepada penerima di tujuh kampung yang sudah bereskan administrasi, Rabu (20/5).

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Desa (Kemendes PDTT) nomor 6 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 untuk mengantisipasi dan menyesuaikan perkembangan penyebaran covid 19 yang berdampak pada kehidupan masyarakat maupun pembangunan desa.

Penyerahan dilakukan Kepala Distrik Aifat Selatan Maklon Kii, SE, didampingi Pendamping Distrik, Leonardus Kore, S.Hut.
Penyerahan BLT tahap pertama kata kepala Distrik, dibagikan untuk dua bulan yakni bulan April dan Mey sebesar Rp 1.200.000 per penerima secara simbolis.

Penyaluran menurut kepala distrik, baru dilakukan terhadap 7 kampung dari total kampung keseluruhan terdapat 17 kampung.

“Kampung yang sudah kami salurkan secara simbolis hari ini itu, baru tujuh kampung yakni Kampung Sori, Awetmaim, Yek, Tolak, Imsun, Krus, Dan Kampung Horaik,”kata Kepala Distrik.

Kampung yang belum terima BLT akan dilakukan pembagian BLT menyusul setelah data penerima rampung dilaporkan.
“Kami ucapkan terima kasih kepada menteri desa melalui pemda maybrat utuk bantuan ini, dan saya juga sampaikan kepada warga, jangan lihat besar kecilnya bantuan ini, tapi gunakan bantuan ini baik-baik untuk beli kebutuhan keluarga sambil menjaga kesehatan masing-masing, kita tidak tahu virus ini kapan berakhir,”ujar Kepala Distrik.

Sementara, Leonardus Kore selaku pendambing di wilayah itu menambahkan, penyaluran BLT tersebut berdasarkan intruksi pemerintah pusat selama menghadapi Pandemi Covid 19.
Sedangkan mekanisme penyaluran sendiri, ungkapnya, dapat diberikan kepada masyarakat melalui rekening penerima maupun dibayar langsung di kampung secara tunai oleh kepala kampung bersama kaur keuangan.

Kore mengatakan, untuk Distrik Aifat Selatan sendiri terdapat 17 kampung, dari total itu baru 7 kampung sudah disalurkan BLT, sementara kampung lainya akan segera disalurkan dalam waktu dekat jika data yang dibutuhkan telah dimasukan oleh pemerintahan kampung.

“Jadi untuk satu kepala keluarga dibiayai selama tiga bulan, per bulan 600.000 dikali tiga berarti 1.800.000, hari ini hanya bayar 1.200.000 dua bulan saja, nanti bulan juni baru ditamba 600.000 sisanya,”jelas Kore.

Sementara terkait kampung Tahsimara dan Samrekator, penyaluran akan dilakukan berdasarkan perintah bupati, setelah diproses kelengkapan legalitas adminstrasi kedua kampung tersebut rampung.

“Sementara dua kampung lainnya seperti tahsimara dan samrekator itu dipending oleh pak bupati dalam hal ini pak kabak Pemerintah kampung, jadi nanti kami akan kordinasi lagi lebih lanjut kesana,” tutup Lekor.(Charles Fatie)

Related posts
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Tekad Tingkatkan SDM Pertanian

1 Mins read
  PENTUL, MANSEL-Meskipun terkendala anggaran yang minim. Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pertanian Manokwari Selatan (Mansel) akan terus dikembangkan. “SDM ini yang…
Manokwari Selatan

Wabup Rengkung Jamu Rombongan Kepala BPPSDMP Kementan, Bahas SDM Pertanian

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyambangi…
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *