NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Waktu Dekat, Ribuan Siswa di Maybrat akan Terima Buku Tabungan Simple

1 Mins read

MAYBRAT-Pemerintah Kabupaten Maybrat-Provinsi Papua Barat berencana dalam waktu tidak lama akan membagi buku tabungan dan kartu simpanan pelajar (simpel) bagi ribuan siswa/i dari tingkat sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan SMU/SMK di Maybrat.

Rencana tesebut turut dibenarkan, Bupati Maybrat Drs.Bernad Sagrim, MM, kepada awak media usai rapat terbatas (ratas) dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Para Kepala Sekolah di alun-alun Kumurkek, Kamis (4/6).

Realisasikan program tersebut menurut pengakuan Bupati, Dia telah memanggil kepala dinas pendidikan dan Kepala Bank Papua Cabang Sorong Selatan.

“Bapa waktu itu sudah undang Kepala Dinas Pendidikan dan juga Kepala Bank Papua Cabang Sorong Selatan,”ujar Bupati.

Dalam pertemuan itu lanjut Bupati, Dia telah memberi petunjuk kepada kepala dinas pendidikan dan kepala bank Papua Cabang sorong selatan untuk tindak lanjut petunjuknya tersebut agar proses pembagian segerah dilaksanakan lebih cepat.

“Bapa juga sudah kasi petunjuk ke beliau berdua dan kita sudah lakukan pendataan. Data untuk seluruh anak-anak kita mulai dari SD,SMP, dan bapa minta juga SMU/SMK, ini semua akan bapa lakukan kebijakan untuk simpel,”tandas Bupati.

Untuk mekanisme pembagian lanjut Bupati, kepada siswa akan disalurkan saldo awal melalui Bank Papua yang sebelumnya telah dibuatkan buku tabungan dan ATM tiap siswa.

“Buku tabungannya atas nama orang tua sementara ATM langsung atas nama siswa bersangkutan,”jelas Bupati.

“Mereka ini pemerintah akan mensubsidi saldo awal ke rekening masing-masing anak di bank papua, jadi setiap anak akan pegang buku tabungan dengan ATM, buku tabunganya nanti atas nama org tua, tapi ATM itu akan langsung atas nama anaknya,”timpal Bupati lagi.

Program Simple Mendidik Anak Untuk Mandiri

Bupati juga menambahkan, tujuan dilakukan program simple oleh pemerintah agar melatih anak bisa mandiri melakukan transaksi terkait pendidikan, maupun melati anak atau membangun jiwa wiraswasta kepada mereka sebagai generasi penerus kita yang tangguh dan berdaya saing kedepannya.

“Artinya mereka (anak-anak kita) ini kita didik mereka supaya kedepan mereka mandiri lakukan transaksi yang terkait dengan pendidikan, itu bisa langsung mandiri tidak lagi ke orang tua, kewajiban orang tua adalah stor di rekening anaknya, setiap bulan umpama 1 juta atau 2 juta, tinggal anak secara mandiri membayar uang sekolah dan lain-lain,”pungkas Bupati.(Charles Fatie-R2)

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *