NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Pemkab Mansel mulai Berlakukan Transisi New Normal

2 Mins read

Bupati Markus Waran bersama Ketua Gugus Tugas Covid 19 Manasl, dr. Hengki Veky Tewu dan Kapolres Mansel, AKBPK Slamet Haryono T., saat mengunakan kasus pasien pertama positif Corona yang telah sembuh beberapa waktu lalu. Foto Dok

MANSEL,PTC-Bupati Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran memutuskan daerahnya mulai berlakukan Transisi New Normal atau Normal Baru yang dimulai sejak Minggu (14/6).

Hal tersebut turut dibenarkan ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Mansel, dr. Hengki Veky Tewu, yang juga selaku Sekda Mansel.

Jadi, Transisi New Normal itu tidak ada pembatasan perjalanan lagi mulai tanggal 14 Juni. Kita hanya akan tegakan penerapan protokol kesehatan, tidak adalagi pembatasan jalan atau jam malam.

“Jadi protokol kesehatan yang dia harus patuhi, pertama yang pergi keluar daerah dia harus sehat. Wajib pake masker dan sering cuci tangan sesuai protokol Covid yang dianjurkan Kemenkes. Berikut yang dari luar wajib lapor dipetugas kesehatan,”kata Hengki.

Dihubungi via telpon oleh media ini pada Sabtu (13/6) petang, Hengki menjelaskan keputusan itu sesuai petunjuk Bupati berdasarkan hasil perhitungan yang mengacu pada sejumlah indikator aturan Kementrian Dalam Negeri dan hasilnya menyimpulkan bahwa Mansel masuk kedalam kategori daerah yang mampu dan layak jalankan New Normal/Normal Baru.

“Kita bisa new normal, kita masuk kategori atau dinilai kita masuk wilayah yang sudah siap. Itu ada penilaian berdasarkan panduan peraturan kementrian dalam negeri. Baik dinilai berdasarkan besarnya masalah penyakit, nilai kemampuan petugas kesehatan kita, alat pelindung diri kita, kamampuan mengawasi orang yang datang, dan menilai kemampuan persediaan fasilitas kita untuk masyarakat dan kita memenuhi kriteria itu. Karena itu kita bikin transisi new normal terlebih dahulu sebelum New Normal,”jelas Hengki terperinci.

Disisi lain sambung Hengki, sebelum diambil keputusan jalankan transisi new normal ini, Tim Covid Mansel sudah mendahului dengan sosialisasi kepada seluruh petugas kesehatan Manasl.

Sosialisasi yang sama juga kepada perwakilan OPD, dan kepada masyarakat maupun kepada tokoh agama di Oransbari dan Momi Waren.

“Kami juga sudah sosialisasi soal ini pertama untuk seluruh petugas kesehatan. Selanjutnya kepada OPD, baru sosialisasi di oransbari bersama tokoh agama dan di Momi Waren untuk persiapan hal itu,”jelas Hengki.

Mendukung agenda transisi New Normal, lanjut Hengki, mulai Senin (15/6) tim gabungan TNI/Polri dan BPBD mulai tugasnya untuk menertibkan warga yang tidak jalankan protokol kesehatan.

“Hari Senin kita sudah mulai buat posko penertiban. Jadi nanti ada melibatkan TNI Polri dan BPBD,”terangnya lagi.

Tugas mereka untuk memastikan masyarakat
mengikuti protokol kesehatan yang selama ini ada di Covid.
Tim gabungan tersebut kata Hengki, akan memantau di tempat – tempat umum seperti perkantoran, pasar, gereja dan masjid maupun tempat umum lainnya.(MDR/R2)

Related posts
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Tekad Tingkatkan SDM Pertanian

1 Mins read
  PENTUL, MANSEL-Meskipun terkendala anggaran yang minim. Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pertanian Manokwari Selatan (Mansel) akan terus dikembangkan. “SDM ini yang…
Manokwari Selatan

Wabup Rengkung Jamu Rombongan Kepala BPPSDMP Kementan, Bahas SDM Pertanian

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyambangi…
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *