NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Tingkatkan Kapasitas SDM, Staf Setwan Maybrat Ikut Bimtek

1 Mins read

MAYBRAT,PTC-Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) Kabupaten Maybrat Papua Barat gelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi staf di sekertariat DPRD.
Kegiatan tersebut dihadiri langsung ketua DPR Maybrat Fernando Solosa, SE, dan Asisten Dua Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Maybrat, Engelbertus Turot, SP,. M. Si yang berkesempatan membuka kegiatan.

Ketua DPRD Maybrat, Fernando Solosa menuturkan bahwa tujuan bimtek tersebut dilakukan berguna untuk peningkatan kapasitas maupun pengetahuan bagi staf dalam rangka mendukung optimalisasi kinerja pimpinan dan Anggota DPRD kabupaten Maybrat.

“Ini adalah kegiatan rutinitas di sekertariat DPR, dan ini direncanakan setiap tahun dalam rangka memberi wawasan pengetahuan bagi staf, kabag, sekwan di lingkungan sekertariat DPR dengan tujuan mendukung optimalisasi kinerja pimpinan dan anggota DPR, itu intinya, jadi kita berharap dari kegiatan bimtek ini akan mendorong optimalisasi kinerja pimpinan dan anggota dewan terkait administrasi, perencanaan, dan produk regulasi yang harus dilakukan,”jawab Solossa, kepada awak media usai pembukaan bimtek di kantor DPRD Maybrat di Kumurkek pada Kamis, (18/6).

Di Setwan sendiri sambung Solosa, terdapat tiga bagian yakni bagian keuangan, persidangan, dan bagian umum yang mana telah dialokasikan anggaran untuk lakukan kegiatan bimtek mengingat ada beberapa produk regulasi yang hendak dilakukan mengacu pada tiga fungsi dewan yakni legislasi, budgeting, anggran dan fungsi pengawasan (controlling).

“Baik itu produk peraturan daerah APBD maupun non APBD sehingga mendukung kinerja anggota dewan agar sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah,”pungkas Solosa.

Hal senada, juga disampaikan Engelbertus Turot. Kegiatan ini mengarah pada penguatan kapasitas aparatur sipil negara yang mestinya disiapkan dari sisi kemapuan dan ketrampilan untuk menjawab kebijakan serta merealisasikan visi misi bupati dan juga tupoksi dari OPD itu sendiri.

“Mereka staf ini kan paling tidak harus punya skil, punya mindset, supaya kita ini punya arahan dari pak bupati atau DPR mereka sudah tau arahannya secara teknis kemampuannya dibidang masing-masing,” Jelas Turot lagi.

Dengan demikian, Turot berharap, kedepan Maybrat dapapt menggunakan sumbernya yang tersedia di Maybrat terbentuk melalui peningkatan kapasitas seperti yang tengah dilakukan.

“Dengan adanya kegiatan rutinitas ini sudah cukup, kita punya staf khusus dari sekwan yang punya kemampuan penyusunan perda, berarti kita kan sudah punya sumberdaya yabg ada, tidak harus kita datangkan konsultan, intinya kita menjawab kebutuhan kita sendiri melalui peningkatan SDM seperti ini,”tandas Turot. (Charles Fatie/R2)

Related posts
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Tekad Tingkatkan SDM Pertanian

1 Mins read
  PENTUL, MANSEL-Meskipun terkendala anggaran yang minim. Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pertanian Manokwari Selatan (Mansel) akan terus dikembangkan. “SDM ini yang…
Manokwari Selatan

Wabup Rengkung Jamu Rombongan Kepala BPPSDMP Kementan, Bahas SDM Pertanian

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyambangi…
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *