NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Di Tengah Pandemi, DPPO Mansel Genjot Pembangunan Infrastruktur Dasar Sekolah Menggunakan DAK

1 Mins read

MANSEL,PTC-Dalam masa sulit dilanda pandemi Corona, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan diwilayah Kabupaten Manokwari Selatan masih melakukan program fisik dari dana alokasi khusus dari Pusat.

Karena dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan ifrastruktur dasar yang akan ditangani dua dinas tersebut tidak direlokasi, sehingga perencanaan awal tetap dieksekusi.

“Kegiatan Fisik di Dinas Pendidikan di Manokwari Selatan memang itu sudah menjadi instruksi dari menteri keuangan bahwa dana DAK hanya untuk dinas kesehatan dan pendidikan tetap berjalan. Jadi semua kegiatan fisik di dinas pendidikan tahun 2020 ini dari dana DAK semua berjalan,”jawab Christofel Mandacan kepada wartawan di Indoryeki belum lama ini.

Pembangunan fisik tahun 2020, Christofel kembali menjelaskan bahwa agenda pembangunan fisik dari DAK tesebut tersebar di sekolah-sekolah di lima distri, tapi distrik Ransiki memperoleh persentase lebih banyak.

“Hampir merata di lima distrik tapi persentase lebih banyak itu di kota Ransiki, itu karena dilihat dari IPM kita yang rendah terkait dengan dukungan fasilitas sekolah kita memang rendah disitu,”tukas Cris sapaan akrab Kadis PPO Mansel.

Sehingga dari pemerintahan pusat mengarahkan pembangunan fisik tahun ini di kota Ransiki lebih dari empat distrik lainnya.

Item jenis pembangunan dari DAK tersebut menurut Cris, seperti pembangunan ruang belajar, tempat mandi, cuci dan kakus (MCK), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), kemudian rehab rumah guru.

“Item jenis pembangunan seperti pembangunan mck sekolah, kemudian UKS, kemudian rehab rumah guru dan ruang belajar,”terang Cris.

Diantaranya, rehab dua rumah guru di Oransbari, tiga ruang belajar/kelas di Ransiki, dua kelas di Oransbari dan beberapa jenis kegiatan di sekolah lainnya. (MDR/R2

Related posts
Manokwari Selatan

Pertama di Papua Barat, Kemendes dan Pemkab Mansel Launching Program Tekad 

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pertama Kali di Papua Barat, Pemkab Manokwari Selatan (Mansel) bersama Kementrian Daerah Tertinggal (Kemendes) melaunching program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad)…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Hingga September, Ekspor Kakao Kering Ransiki Capai Rp. 8,3 Miliar

1 Mins read
PENTUL, MANOKWARI-Kakao Ransiki kembali diekspor ke luar negeri melalui sejumlah mitra. Terbaru, hampir 11 ton Kakao Ransiki diekspor kepada PT Cargill Surabaya…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *