NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Raih Predikat WTP Pertama Kalinya, Bupati Waran : Puji Tuhan “Ini Berkat Dukungan Semua OPD”

2 Mins read

MANSEL,PTC- Pemkab Manokwari Selatan (Mansel) akhirnya memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk pertama kalinya sejak daerah itu terbentuk tahun 2012.
Perolehan itu diraih atas laporan keuangan daerah Tahun Anggaran 2019.

Predikat/opini WTP yang ditorehkan Pemerintah kabupaten Manokwari Selatan tidak dipungkiri atas tekat dan kerja keras dari pimpinan daerah hingga komponen dibawanya.
Penyerahan itu dilakukan langsung oleh Arjuna Sakir, kepala BPK RI perwakilan Papua Barat kepada Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran di Manokwari.

Dalam sambutannya Arjuna Sakir menjelaskan bahwa penyerahan laporan pemeriksaan oleh BPK RI perwakilan Papua Barat atas laporan keuangan pemerintah Kabupaten /kota, dari kota Sorong, Manokwari, kabupaten Pegunungan Arfak dan Manokwari Selatan didasari UUD 45 pasal 23 ayat 2.

Undang-undang Nomor 12 tahun 2004 pasal 17 ayat 2 di mana BPK dapat melaksanakan kewajiban konstitusionalnya menyerahkan laporan pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2019.

Undang-undang nomor 15 tahun 2004 dan undang-undang nomor 15 tahun 2006 yakni telah memeriksa laporan keuangan pemerintah daerah.

Menurutnya pemeriksaan ini bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan pemerintah daerah dengan memperhatikan empat hal yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta efektivitas sistem pengendalian interen pemerintah daerah tahun anggaran 2019.

Dirinya menambahkan, dalam pembatasan oleh kondisi pandemi covid 19 laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan daerah tahun 2019 ini dapat diserahkan kepada ketua DPRD dan sekaligus juga kepada Bupati atau Wakil Bupati serta Wali Kota.

Sambung Dia, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK sesuai dengan standar negara dapat disimpulkan bahwa penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2019 telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual telah diungkapkan secara memadai dan tidak terdapat kepatuhan yang berpengaruh langsung dan material serta pelaksanaan kegiatan yang telah didukung dengan sistem pengendalian intern.

Laporan keuangan pemerintah Kabupaten berdasarkan hasil pemeriksaan tidak terdapat ketidakpatuhan yang berdampak secara material laporan keuangan sehingga BPK menyatakan laporan keuangan pemerintah daerah kabupaten Manokwari Selatan tahun anggaran 2019 adalah wajar tanpa pengecualian.
Selanjunta BPK RI memberikan rekomendasi yang diberikan selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan pemeriksaan ini diterima sesuai pasal 20 ayat 3 undang-undang nomor 12 tahun 2004 tentang pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara.

“Sekali lagi kami mengucapkan selamat atas pencapaian yang diraih oleh pemerintah daerah kota dan Kabupaten Manokwari Selatan lebih ditingkatkan lagi agar menjadi lebih baik di akan datang, semoga usaha kita dalam menunaikan tugas kesejahteraan masyarakat bangsa dan Negara lebih baik,” ujar Arjuna Sakir.

Sementara itu Bupati Mansel, Markus Waran, usai menerimah hasil laporan tersebut mengatakan bahwa dirinya bersama Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung menyampaikan terimakasih dan salut kepada staf yang telah mendukung jalannya rodah pemerintahan Mansel kurang lebih 7 tahun.

“Namun di tahun ke 7 ini puji Tuhan, semua laporan dan kinerja tentang laporan keuangan daerah, dimana pada tahun ini pemda manokwari selatan mendapatakan WTP. Ini semua berkat dukungan dari para staf serta pimpinan OPD di manokwari selatan,”tegas Waran.

Pertahankan prestasi itu, Waran mengajak semua pimpinan OPD untuk bekerja sesuai dengan standar penyelenggaraan internal yang ada sehingga predikat ini di tahun-tahun mendatang tidak mengalami pasang surut.

“Harapan kita semua agar ini tidak mengalami pasang surut akan tetapi terus mendapatkan WTP karena itu akan menjadi ukuran dan penilaian kinerja dari pemerintah kabupaten manokwari selatan kedepannya,”pungkas Bupati. [MDR/R2]

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *