NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Sering Sindir Kinerja Bupati Melalui Medsos, DPRD Maybrat Di Sorot Tokoh Intelektual

2 Mins read

MAYBRAT,PTC-Tokoh intelektual Maybrat Maximinus Air, menilai sindiran dan kritikan oknum anggota DPRD Maybrat terhadap Bupati Bernad Sagrim melalui sarana media sosial sama sekali tidak efektif.

“Anggota DPRD memiliki tiga tugas utama, yaitu penganggaran, menetapkan perda atau produk hukum dan melakukan pengawasan. Kalau DPRD Maybrat mau melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, maka evaluasi dan kritikan harus dilakukan melalui kelembagaan. Harus bisa menggunakan ruang yang ada untuk mengevaluasi kinerja Pemerintah Daerah, bukan berkoar-koar di facebook. Mereka harusnya jaga marwah DPRD itu,”tegas Maximus kepada media ini (4/7/2020)

Hal itu dikatakan Maximus menyusul gencaran kritikan dan sindiran pedas anggota DPRD Maybrat kepada Bupati melalui media sosial (medsos) seperti Facebook bahkan media online lainnya.

Menurut Maximus, sikap kritis anggota DPRD Maybrat di medsos menujukan ketidakmampuan mereka dalam menjabarkan tugas dan fungsinya sebagai legislatif itu sendiri.

“Anggota DPRD Maybrat harus bisa menempatkan diri dengan baik, dalam pelaksanaan tugas yang diamanatkan dalam Undang-Undang. Karena saya lihat yang selama ini terjadi adalah stigma negatif terkait politik masa depan, yang sudah mulai dimainkan dan dijadikan bola liar, dengan mengganggu pemerintahan yang ada,”sambung Dia.

Sementara, tugas DPRD jelas telah diamanatkan dalam UU Nomor 23 bahwa legislatif dan eksekutif merupakan satu mata rantai dalam pelaksanaan pemerintahan. Jika anggota DPRD Maybrat membuka kegagalan Pemerintah Daerah, itu sama saja membuka dan menunjukkan ketidakmampuan dalam ikut menjalankan roda pemerintahan.

“Kalau memang ada hal-hal dalam kinerja pemerintah daerah yang dianggap masih kurang atau belum memenuhi standar, maka harus dibicarakan melalui kelembagaan yang resmi. DPRD bisa memanggil kapan saja Pimpinan OPD bahkan Kepala Daerah yaitu Bupati, untuk melakukan hearing mempertanyakan atau mengkritisi serta memberikan masukan terkait kinerja mereka dalam menjalankan roda pemerintahan. Itu merupakan ruang yang tepat, bukan di media sosial,” tegas Maximus lagi.

Terkait materi LKPJ Bupati, Lajut Maximus, momen itu bukan merupakan forum penghakiman. Melainkan sarana evaluasi, ketika ada hal-hal atau masukan yang dianggap penting untuk menunjang roda pemerintahan, maka anggota DPRD berhak memberikan masukan dalam bentuk rekomendasi.

“Kenapa saya mengatakan ini, karena perkembangan terakhir di Kabupaten Maybrat, sebagian anggota DPRD mulai menggunakan LKPJ untuk melakukan tawar menawar politik. LKPJ bukan untuk diterima atau ditolak, tapi LKPJ sarana untuk memberikan masukan dan rekomendasi,” tandasnya.

Harusnya, Menurut Maximus, anggota DPRD paling tidak memiliki kevalidan data sebelum menyampaikan statmen krtisnya terhadap kebijakan pemerintah daerah agar ada ukuran yang jelas.

“Kalau ada yang bilang kinerja Bupati Maybrat gagal, itu gagalnya dimana? Tolong tunjukkan data yang valid dan indeks kegagalan itu dilihat dari mana. Bukan melalui kesimpulan bahwa dalam tiga tahun, tidak ada kantor yang diresmikan itu sudah dibilang gagal,” pungkasnya. (MDR/R2)

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *