NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

1.397 Keluarga di Maybrat Terima BST , Disalurkan Mulai Distrik Aifat

2 Mins read

MAYBRAT,PTC- Pemerintah Kabupaten Maybrat melalui Dinas Sosial (dinsos), sudah resmi lounching sekaligus penyaluran bantuan sosial tunai (BST) kepada 1397 keluarga penerima manfaat (KPM) dalam rangka mengatasi dampak dari pandemi corona yang dialami masyarakat.

Agenda lounching BST itu langsung dibuka Wakil Bupati Maybrat Paskalis Kocu, turut hadir pada acara itu Sekda Kabupaten Maybrat, Ferdinandus Taa, Kepala Distrik Aifat, Risat Saa, Kapolsek Aifat, Iptu Nugraha Didi, Koramil Aifat, dan pihak kantor pos Sorong dan Sorong Selatan yang langsung melakukan pembagian.

Kadinsos kabupaten Maybrat, Makdalena Tenau sela-sela kegiatan mengatakan, BST tersebut akan disalurkan kepada 1.379 KPM yang tersebar di seluruh distrik di Maybrat, pembagiannya dimulai dari distrik Aifat dengan jumlah KPM 246.

Bantuan yang disalurkan dalam rangka mengatasi dampak virus corona ini, Jelas Kadis, akan berlangsung selama 14 hari atau sampai dengan tanggal 26 juli mendatang,

Dari total KPM yang terdata, Kadis mengaku, sejauh ini masih terdapat penerima ganda atau dobel karena persoalan data yang belum tersingkron menyeluruh antara konsultan dana desa dan dinsos, namun lanjut Kadis, sola itu telah dievaluasi bersama BPKP-RI perwakilan Papua Barat di Manokwari dihadiri kadis Sosial, dan kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa baik Provinsi maupun kab/kota se-Pabar beberapa waktu lalu melalui video conference (vicon). Oleh sebab itu, untuk saat ini tetap saja dibayarkan, kedepannya barulah dirapikan.

“Melalui evaluasi itu sudah disampaikan secara resmi, karena BLT sudah didistribusikan lebih dulu, BST ini belakangan, jadi kalaupun ada nama dobel atau ganda, untuk saat ini tetap dibayarkan,” terangnya kepada media baru-baru ini usai penyerahan BST di sekretariat kantor bupati Maybrat.

Kedepannya, tambah Kadis, bilamana wabah covid 19 masih terus melanda, bantuan ini pun tetap berlangsung sampai akhir tahun ini, makan data-data penerima akan lebih diperketat dan disingkronkan lagi antara dua instasi (dinsos & dinpemmasdes-reed).

“Nanti direkonkan lagi antara dua instansi ini, sehingga datanya tidak warna warni atau macam-macam tapi jadi satu, jadi nanti kalau yang nama-namanya terbukti sudah terima BLT, tidak terima lagi di BST berikut,” tegas Magdalena.

Terkait Bansos yang dibayarkan sekaligus untuk 3 bulan ini, terang Kadis, seharusnya sudah disalurkan beberapa minggu lalu, namun pertimbangan kamtibmas yang sebelumnya dinilai tidak stabil hingga baru dibayarkan.

“Waktu normal distribusi BST ini adalah april sampai juli, tapi karena alasan kamtibmas tertunda maka mulai distribusi sekarang. ini akan berlangsung selama 14 hari,”terang Makdalena.

Lebih lanjut, Makdalena juga berharap, karena bantuan sosial semacam ini sifatnya sementara atau tidak permanen, masyarakat yang telah dan akan menerimanya agar manfaatkan secara baik untuk belanja kebutuhan keluarga selama pandemi ini masih mewabah.

“Bantuan ini diberikan hanya dalam keadaan yang darurat seperti ini, sehingga diharapkan digunakan baik-baik untuk kebutuhan, dan juga tetap berkerja kebun atau tokok sagu, karena kalau bantuan ini habis hanya dengan itu bisa bertahan,”harap Magdalena.(Charles Fatie/R2)

Related posts
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Manokwari Selatan

Bupati dan Wabup Mansel Pimpin Evaluasi Pelaksanaan Refocusing Anggaran

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemda Manokwari Selatan (Mansel) menggelar rapat evaluasi pelaksanaan refokusing anggaran guna mendukung penanganan pandemi covid-19. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat…
Manokwari Selatan

Markus Waran Teken MOU Pengembangan KSPN

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan melakukan penandatanganan MOU bersama Pemprov Papua Barat, Pemkab Manokwari dan Pemkab Pegunungan Arfak. MOU itu terkait pengembangan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *