NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Dinas Lingkungan Hidup Belum Terima Dokumen UKLUPL TPA Sampah di Hamawi

2 Mins read

MANSEL,-Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwariari Selatan (Mansel), Muhammad Amir, mengaku pihaknya belum terima dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKLUPL) tempat pembuangan akhir (TPA) sampah DI Hamawi dari Bappeda untuk ditindak lanjut sesuai prosedur.

“Kemarin itu UKLUPL belum ada. Dokumen UKLUPL belum dikasi ke kita,”kata Amir kepada media ini pada Senin (20/7).

Menurut Amir, jika dokumen UKLUPL tersebut telah sampai ditangan pasti akan dilakukan pemeriksaan maupun penilaian, termasuk akan mengikuti presentasi oleh Bappeda sekaligus menjaring masukan dari warga dan dilakukan perbaikan jika masih terdapat kekurangan.

” Kalau sudah ada dokumen mereka presentasi, kita yang tanggapi, mana yang kurang tinggal dibenahi tapi dokumen belum sampai ke kita sampai saat ini,”terang Amir.

“Selain untuk kami periksa, nanti ada presentasi oleh Bappeda yang melibatkan banyak pihak seperti kepala kampung, kepala distrik, warga sekitar lokasi TPA itu. Dalam presentase tersebut dapat kita perbaiki yang kurang,”timpalnya.

Setelah UKLUPL rampung menurut Amir, barulah Dinas Lingkungan Hidup mengeluarkan surat pembuatan izin lingkungan untuk tindak lanjut dimulainya pembangunan TPA tersebut.

Disamping itu, meskipun belum terima dokumen UKUPL, Amir membenarkan jika ada informasi bahwa rencana pembangunan TPA di Hamawi sedang dalam tahap pelelangan di Provinsi Papua Barat.

“Ada informasi dari kepala dinas PU, informasinya mereka sudah mulai koordinasi ke Provnsi bahwa proses lelang sedang berjalan, rencana tahun ini dibangun. Tahun ini kata nya akan mulai dibangun,”terang Amir.

Untuk diketahui, seperti diberitakan media ini sebelumnya Kepala Bappeda Mansel melalui sekretarisnya, Erick Paiki saat diwawancara media ini pada 13 Maret lalu mengklaim bahwa Dokumen awal UKLUPL telah selesai dikerjakan oleh pihak konsultan.

Menurut Erick Paiki waktu itu, dokumen UKLUPL tersebut hanya menunggu diperiksa oleh tim dari Dinas Lingkungan Hidup untuk menilai apakah sudah seluruhnya sesuai, atau perlu ada perbaikan.

Apabila hasli pemeriksa Dinas Lingkungan Hidup dinyatakan sesuai, sambung Paiki, maka dokumen tersebut akan diserhakan kepada pihak Balai Cipta Karya untuk selanjutnya di pakai sebagai dasar mulainya pembangunan lokasi tersebut sebagai tempat pembuangan akhir sampah milik Pemda Mansel diatas lahan seluas lima hektar yang diadakan Pemda Mansel sejak 2016 lalu.

“Dokumen UKUPL sudah selesai, tinggal satu kali pertemuan dengan Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten untuk memeriksa dokumen itu. Tinggal mereka (konsulta) undang teman-teman dari dinas lingkungan hidup untuk menilai lagi. Setelah itu baru dorang keluarkan surat pernyataan bahwa itu sudah sesuai. Kalau ada perbaikan tinggal diperbaiki saja. Setelah itu dokumen UKLUPL tersebut mereka serahkan kepada Balai Cipta Karya untuk mulai pembangunan,”terang Erick Paiki lagi saat itu.[MDR/R2]

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *