NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Hari Ini, KPU Mansel Mulai Terima Perbaikan Syarat Dukungan Bapaslon Perseorangan

2 Mins read

MANSEL,-Akhir pekan ini tepatnya Sabut (25/7) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) dijadwalakn akan menerima dokumen perbaikan (kekurangan) syarat dukungan dari bakal calon pasangan perseorangan Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada Kabupaten Mansel tahun 2020.

Kegian tersebut akan dilakukan selama tiga hari sejak tanggal 25 Juli hingga 27 Juli pukul 24.00 Wit, bertempat di sekretarian KPU Mansel yang terletak di kampung Abreso Distrik Ransiki.

“Tahapan perbaikan ini kan, mereka memasukan hasil perbaikan kekurangan syarat dukungan baik melalui sistim maupun penyerahan dokumen secara langsung yakni dilakukan mulai tanggal 25 sampai dengan tanggal 27 Juli tengah malam,”terang Ketua KPU Mansel, Drs. Anton Wopari kepada awak media, Kamis (23/7) di sekretariat KPU Mansel.

Penyerahan syarat dukungan perbaikan bakal calon perseorangan bupati dan wakil bupati ini akan dilaksanakan seusai jam buka kantor dari pukul 8.00 Wit pagi sampai jam 16.00 Wit berlaku tanggal 25 dan 26. Sedangkan hari terakhir pada tanggl 27 Juli, batas akhir penyerahan dimulai dari pukul 8.00 Wit pagi sampai 24.00 Wit malam,”terang Wopari.

Setelah syarat dukungan diserahkan terkahir 27 Juli pukul 24.00 Wit tengah malam, kata Wopairi,  mereka akan lanjutkan dengan pleno dan penandatanganan berita acara.

Pleno dan berita acara akan disesuaikan dengan hasil perbaikan syarat dukungan. Jika jumlah syarat dukungan perbaikan masih kurang ( dari dua kali jumlah kekurangan syarat dukungan perbaikan) maka langkah bapaslon perseorangan untuk bertarung pada pemilihan kepala daerah Mansel pada 9 Desember 2020 akan terhenti disitu.

“Samapi 27 Juli jam 24.00 Wit, kalau jumlah dukungan perbaikan memenuhi dua kali data kekurangan untuk perbaikan maka kita pelno untuk lakukan verifikasi faktual data perbaikan,”tambah Wopar, menjelas.

Lebih lanjut Wopari menegaskan, verifikasi vaktual syarat dukungan perbaikan wajib mereka lakukan karena menurut aturan, mereka harus pastikan KTP dukungan yang diserahkan benar-benar valid atau tidak , orang tinggal disini atau tidak.

“Maka urutannya, pertama kita terima dulu syarat dukungan perbaikan. Prinsipnya jumlah syarat dukungan harus dua kali dari data yang kurang. Kalau memenuhi maka kita lanjutkan ke tahap verifikasi faktual syarat dukungan perbaikan. Jika pada tahapan verifikasi faktual itu syarat dukungan perbaikan tidak memenuhi maka tahapan untuk perseorangan sampai disitu atau berakhir. Tidak ada lagi perbaikan,”pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah syarat dukungan dari pasangan bakal calon perseorangan David Towansiba, S. Sos, M.Si dan bakal calon wakil bupati Manokwari Selatan, Esyen Amus Oktavianus Pocerttu, S.Sos dari keseluruhan enam distrik hanya berjumlah 938 syarat dukungan atau mengalami kekurangan sebanyak 1.714 syarat dukungan setelah melalui pleno verifikasi faktual oleh PPD dan peleno tingkat kabupaten baru-baru ini.

Untuk itu, jumlah dukungan yang mesti diperbaiki oleh pasangan perseorangan pada masa perbaki yakni sesuai aturan harus sebanyak dua kali dari jumlah kekurangan yang ada yakni sebanyak 3.428 jumlah dukungan atau (2  x 1.714 ).[MDR/R2]

Related posts
Manokwari Selatan

Markus Waran Diundang Bank Indonesia Papua Barat Jadi Pembicara 

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan Markus Waran di undang kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat ke Kabupaten Tambrau, menjadi pembicara bagi petani Kopra…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Bank Indonesia Bantu Tiga Mesin Pengolahan Coklat Batangan kepada Koperasi Ebier Shut

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat, menyalurkan tiga buah mesin senilai Rp.200 juta kepada rumah produksi pengolahan coklat batangan milik koperasi Ebier…
Manokwari Selatan

Gebrakan Kadis DLH, Mulai Jemput Sampah Rumah Tangga di Oransbari

1 Mins read
PENTUL, ORANSBARI-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manokwari Selatan (Mansel) tengah mencari solusi mengatasi persoalan sampah di daerah tersebut. Kepala DLH Mansel Christofol Mandacan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *