NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Tegas, BPOM Segel Satu Apotek di Mansel

1 Mins read

MANSEL,PTC-Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Papua Barat dikabarkan telah melakukan penyegelan terhadap salah satu apotek yang ada di Ransiki ibu Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) belum lama ini.

Kabid SDMK Dinas Kesehatan Mansel, Derek Rumbarar benarkan informasi tersebut saat dihubungi awak media di Ransiki.

Penyegelan apotek yang terletak di kompleks Ambon kampung Abreso tersebut menurut Derek Rumbarar, karena dinilai apatasis atau tidak memperbaiki kesalahaan setelah beberapa kali diberi peringatan oleh BPOM.

“Sudah beberapa kali ada peringatan dan informasi dikasi tahu kepada apotek tersebut untuk ditaati, beberapa hal aturan-aturan yang harus dipenuhi sesuai rekomendasi Balai Pom melalui Dinas Kesehatan Mansel, tapi tidak ada perubahan, kemarin balai POM turun bersama tim dari dinas kesehatan Mansel bidang terkait, jadi disegel sementara waktu,”beber Rumbarar kepada awak media di Ransiki.

Setelah penyegelan pihak apotek diberi waktu untuk perbaikan kesalahan, jika tidak akan ditutup permanen.

“Sambil menunggu jika ada perubahan dari apotik bersangkutan, baru segel bisa dibuka kembali,”kata Rumbarar.

Rumbarar menyampaikan, kesalahan yang berulang oleh apotek tersebut dan berujung dengan penyegelan adalah karena pihak apotek tersebut tidak menempatkan tenaga apoteker, sehingga dikuatirkan akan memberi obat yang tidak tepat kepada masyarakat (pembeli).

“Salah satu kesalahannya itu adalah pemberian obat tidak dengan tenaga kesehatan atau terlati bidang kefarmasian yang seharusnya ada disitu untuk memberi obat tapi hanya masyarakat awam,”terangnya.

Dikuatirkan kata Rumbarar, jika salah memberi obat maka akan berakibat fatal bagi masyarakat yang membeli obat. (MDR/R2)

Related posts
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Manokwari Selatan

Bupati dan Wabup Mansel Pimpin Evaluasi Pelaksanaan Refocusing Anggaran

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemda Manokwari Selatan (Mansel) menggelar rapat evaluasi pelaksanaan refokusing anggaran guna mendukung penanganan pandemi covid-19. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat…
Manokwari Selatan

Markus Waran Teken MOU Pengembangan KSPN

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan melakukan penandatanganan MOU bersama Pemprov Papua Barat, Pemkab Manokwari dan Pemkab Pegunungan Arfak. MOU itu terkait pengembangan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *