NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Serahkan Bantuan 18 Mesin Jahit Kepada Mama-Mama Papua, Ini Harapan Kadis Nakertrans Mansel

2 Mins read

MANSEL,PTC-Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) menggunakan dana Otsus 2020 telah menyalurkan 18 mesin jahit bagi mama-mama Papua yang berada di dua tempat berbeda.

Diantaranya penyaluran untuk mama-mama Papua warga translokal di dusun Inggorias dan Sampou distrik Momi Waren sebanyak 12 unit pada Selasa (1/9).

Sedangkan bagi mama-mama Apua di lokasi trans lokal di Kampung Maibuki distrik Oransbari sebanyak 6 unit dilakukan pada Rabu (2/9).

Penyerahan didua tempat tersebut, dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Nakertrans Mansel, Agus Saiba, S.Sos,M.A.P didampingi kepala bidang Transmigrasi, Udin SP.

Saat menyerahkan di kampung Maybuki, Udin selaku Kabid Transmigrasi saat membuka kegiatan mengatakan, pemberian bantuan Mesin Jahit tersebut dengan tujuan agar mama-mama Papua bisa memiliki tingkat kesibukan.

Dirinya menambahkan bahwa dengan pemberian bantuan tersebut agar mama-mama Papua juga bisa menambah penghasilan mereka jika mama-mama Papua kelak sudah mahir menggunakan mesin jahit untuk mencari tambahan penghasilan dari jasa menjahit.

Dirinya juga berharap, mama-mama Papua penerima mesin jahit dapat mengikuti bimbingan pelatihan menjahit dari pihak yang ditunjuk sebagai pengajar semtara sesuai kesepakatan bersama, untuk melatih.

Sementara Kepala Dinas Nakertrans, Agus Saiba, S.Sos,M.A.P dalam sambutan mengatakan bahwa, meskipun saat ini, dunia sedang dilandah penyakit (Covid 19) belum bisa ditemukan obatnya, namun sebagai orang beriman perlu mendekatkan diri kepada Tuhan sehingga semua umat manusia bisa bebas dari penyakit tersebut.

Dirinya juga menambahkan tujuan pemberian bantuan tersebut merupakan untuk menjaga kebersamaan, kekompakan di masing-masing kampung, sebab mesin jahit tersebut milik bersama para anggota, dengan harapan setiap Mama-Mama Papua dapat mengoperasi mesin jahit.

“Silahkan digunakn saja namun perlu dijaga dan di rawat dengan baik. Ini mesin jahit milik kalian, kelak sudah bisa menjahit bisa menjahit orang punya,”kata Saiba.

Selain itu, Kadis Nakertrans juga meminta koordinator mama-mama Papua warga Translokal dimasing-masing kampung secepatnya mengarahkan mama-mama Apua untuk mengikuti pelatihan dari tenaga yang telah di tunjuk atau dipercayai bersama sebagai pelatih menjahit.
Supaya mama-mama Papua dapat mengoperasi mesin jahit secara mandiri.

“Saya pikir perubahan itu bukan dari orang lain, tetapi dari diri kita sendiri. Saya berharap ini bulan Desember sudah dekat, kalau bisa pergi beli kain di Sanggeng lalu jahit pakian Seragam untuk pergi ke Gereja. Saya akan datang cek kembali, jangan sampai barang ini kamu tidak gunakan lalu kamu simpan saja. Kepala UPTD, saya harap barang ini disimpan di satu tempat dan selalu didampingi biar semua orang bisa gunakan,” jelas Agus Saiba kepada Mama-Mama Papua di kampung Maybuki.[MDR/R2]

Penyerahan di Kampung Translokal Inggoriaas Momi Waren

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *