NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Hari Pertama, Belum Ada Paslon Yang Mendaftar di KPU Mansel

2 Mins read

MANSEL,PTC-Hari pertama, pembukaan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk bertarung pada Pilkada 2020 Kabupaten Manokwari Selatan, Jumat (4/9).

Belum ada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang datang mendaftar di sekretariat KPU Kabupaten Manokwari Selatan terletak dijalan trans Manokwari – Bintuni tepatnya di kampung Abres distrik Ransiki ibukota Kabupaten Manokwari Selatan provinsi Papua Barat.

Ketua KPU Kabupaten Manokwari Selatan, Drs. Anthon J. Wopari didampingi komisioner divisi teknis Fransiskus Makabory, disekretariat KPU Mansel, mengungkapkan bahwa hari pertama pendaftaran bakal calon Bupati dan wakil Bupati kabupaten Manokwari Selatan tahun 2020 sejak dibuka pada Jumat pagi pukul 08. 00- 16.00 with, tidak ada satu pasangan yang datang untuk mendaftar di sekertariat KPU Manokwari Selatan.

Untuk diketahui kata Wopari, pasangan calon yang berhak mendaftar di KPU untuk menjadi peserta Pilakda Mansel sesuai dengan PKPU 3 tahun 2017 yang diubah dalam PKPU 1 tahun 2020 tentang pencalonan dan kemabali dirubah lagi menjadi PKPU 9 yang dikeluarkan pada tanggal 31 Agustus 2020, tentang pencalonan.

Lalau di tindak lanjut oleh Ketua KPU Manokwari Selatan dengan mengeluarkan surat keputusan tentang penetapan persyaratan pencalonan dari partai politik nomor 48, tentang syarat pencalonan.

Maka pasangan calon yang mendaftar ke KPU adalah pasangan calon yang mendapat dukungan dari partai politik yang memiki 20 persen kursi di DPRD Manokwari Selatan.

“Sekurang-kurangnnya diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik yang minimal 4 kursi atau 20 persen dari kursi yang ada di DPRD,”jelas Wopari.

Sementara syararat pencalonan berikutnya bagi pasangan calon yang hendak mendaftar adalah, mereka yang memiliki suarah sah yang dikeluarkan oleh KPU Mansel untuk 25% sesuai pilkada sebwlumnya.

Untuk kabupaten Manokwari Selatan menurut Wopari, merujuk pada suara sah pada pemilu sebelumnya tahun 2019 adalah sebnayak 25. 474 suara sah.

Jika dikali dengan 25 % maka hasilnya adalah 6.368,5 Syarah sah, dan dibulatkan keatas menjadi 6.369 suara.

“Jadi selain empat kursi tadi mereka juga bisa mengusung calon lewat suarah sah tadi 6.369, tetapi dalam catatan bahwa itu mereka yang mempunyai kursi didalam, tidak bisa partai yang tidak ada kursi di DPRD Jangan sampai ini menjadi salah paham” jelas Wopari.

Selanjutya dirinya menjelaskan bahwa karena pasanganan calon pada hari pertama tidak ada yang datang mendaftar, pihaknya harus melakukan skorsing dan akan kembali dibuka pada tanggal 5 September 2020 tepat pukul 08.00-16.00 with.

Dirinyajuga menghimbau agar pasangan calon yang telah mengambil formulir pendaftaran di KPU hendaknya menyampaikan baik secara lisan maupun secara surat resmi kepada KPU tentang rencana kehadiran pasangan calon tersebut untuk mendafar kembali.

Jika pada tanggal 5 September 2020 tidak ada yang datang mendaftar maka pihaknya akan membuka lagi pada hari terakir yakni Minggu tanggal 06 sepetember 2020, dari pukul 08.00 sampai pukul 00 00 malam. [MDR/R2]

Related posts
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Manokwari Selatan

Bupati dan Wabup Mansel Pimpin Evaluasi Pelaksanaan Refocusing Anggaran

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemda Manokwari Selatan (Mansel) menggelar rapat evaluasi pelaksanaan refokusing anggaran guna mendukung penanganan pandemi covid-19. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat…
Manokwari Selatan

Markus Waran Teken MOU Pengembangan KSPN

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan melakukan penandatanganan MOU bersama Pemprov Papua Barat, Pemkab Manokwari dan Pemkab Pegunungan Arfak. MOU itu terkait pengembangan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *