NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Akibat Covid 19, BPN Kaimana hanya Mampu Terbitkan 300 Sertifikat Tanah

1 Mins read

KAIMANA,PTC- Dampak pandemi covid 19, menyebabkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kaimana, hanya mampu menertibkan sebanyak 300 sertifikat tanah dari target sebelumnya 1.000 bidang tanah.

Hal itu disampaikan, Kepala Kantor BPN Kaimana, Agustinus Palsang, S.SIT, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (28/9/2020).

Dia lebih lanjut menjelaskan, program prona gratis atau dikenal dengan istilah Prona, sekarang sudah diganti dengan nama (PTSL) Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

“Pada tahun 2020, Negeri ini mengalami wabah yaitu pandemi Covid-19. Sehingga target utama PTSL untuk pemetaannya sekitar 1.000 bidang. Dan untuk pensertifikatnya sekitar 500. Khusus untuk Kabupaten Kaimana,” ujarnya.
Ditambahkan, karena dari pusat diadakan penghematan anggaran karena wabah Covid-19, maka tanah yang diukur sekarang sekitar 300 bidang untuk pemetaannya, dan untuk pensertifikatannya sekitar 111 bidang.

“Kami dari Provinsi Papua Barat sendiri sudah mengajukan revisi ke pusat terkait hal ini. Karena sudah terinput oleh aplikasi menjadi 300 bidang untuk pensertifikatannya di Kelurahan Kroy, Coa, Trikora dan Kampung Marsi,” tambahnya.

Untuk itu, dia mengaku, pihaknya masih menunggu revisi dari pusat, kalau diijinkan 300 bidang untuk pemetaan, berarti yang kita buat hanya 300 penyertifikatan.

“Di tahun 2020, Kantor pertanahan lebih fokus melakukan PTSL ke wilayah Kampung yang mudah dijangkau. Kalau khusus Kabupaten Kaimana sendiri hampir setiap tahun kami melakukan PTSL,” pungkasnya.(RED/REN-R1)

Related posts
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Tekad Tingkatkan SDM Pertanian

1 Mins read
  PENTUL, MANSEL-Meskipun terkendala anggaran yang minim. Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pertanian Manokwari Selatan (Mansel) akan terus dikembangkan. “SDM ini yang…
Manokwari Selatan

Wabup Rengkung Jamu Rombongan Kepala BPPSDMP Kementan, Bahas SDM Pertanian

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyambangi…
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *