NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Plh Kadis Perikanan Mansel : Potensi Perikanan Kita Sangat Mumpuni

1 Mins read

PENTUL,RANSIKI– Plh. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Frengky Mandacan, diruang kerjanya belum lama ini mengakui sektor perikanan darat dan laut Kabupaten Manokwari Selatan mempunyai potensi yang mumpuni.

Masa depan sektor tersebut dinilainya mempunyai peluang cukup besar untuk mendongkrak pemenuhan gizi warga Mansel hingga mendatangkan dampak ekonomi masyarakat yang sangat besar terutama bagi Nelayan, baik itu nelayan ikan air tawar maupun laut sesuai keinginan kepala daerah.

Meskpin demikian kata Frengki dibutuhkan sentuhan intensif, terukur dan tepat dalam penanganan sektor tersebut agar potensi tersebut benar – benar bermanfaat bagi nelayan dan masyarakat Mansel.

Jika tidak dilakukan secara intensif, terukur, dan tepat maka target dasar pimpinan daerah dalam pemenuhan kebutuhan gizi dari ikan untuk Warga Mansel sulit tercapai.

“Masadepan perikana kita cukup besar. Baik itu ikan laut maupun darat. Untuk itu perlu ditangani tepat dan terukur agar target dasar kita untuk penuhi gizi warga kita dari konsumsi ikan benar tercapai atau swasembada pangan dari ikan itu sendiri tercaapi,”kata mantan kepala Seksi Perikanan Manokwari yang sejak Maret 2020 di percayai sebagai Plh Kepala Dinas Perikanan Mansel.

Terkait langkah-langkah atau program yang telah dan akan dilaksanakan untuk meraih target kepala daerah, sejauh ini Dia menila, langkah-langkah yang telah dilakukan dinas perikanan Mansel melalui progran sudah tepat, hanya saja perlu dimaksimalkan lagi secara terukur dan intensif.

“Dibutuhkan penganggaran serius dan pendampingan serius terhadap nelayan-nelayan kita,”kata Frengki.

Dalam program kerja tahun 2020 ini misalnya, selain memberi bantuan perahu tempel, peralatan tangkap, bantuan benih ikan air tawar beserta pakan, Dinas Perikanan juga akan menyalurkan 14 freezer ikan menggunakan anggaran 2020 kepada nelaya ditiga distrik pesisir yaitu Oransbari, Ransiki dan Momi Waren dalam waktu dekat sebagai bentuk keseriusan pemerintah Mansel mendampingi nelayan.

Langkah lainnya lanjut pria yang kini juga sedang menjabat Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Manokwari Selatan bahwa saat ini Dinas Perikanan sedang memperjuangkan kehadiran pembangunan pelabuhan/dermaga untuk kapal ikan.

“Pelabuhan atau dermaga perikanan harus ada. Makanya ini saya mau berangkat ke Jakarta, untuk presentase, sekalian antar surat pelepasn tanah untuk pembangunan dermaga,”pungkas Frengki, dengan nada optimis. (MDR)

Related posts
Manokwari Selatan

Markus Waran Diundang Bank Indonesia Papua Barat Jadi Pembicara 

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan Markus Waran di undang kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat ke Kabupaten Tambrau, menjadi pembicara bagi petani Kopra…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Bank Indonesia Bantu Tiga Mesin Pengolahan Coklat Batangan kepada Koperasi Ebier Shut

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat, menyalurkan tiga buah mesin senilai Rp.200 juta kepada rumah produksi pengolahan coklat batangan milik koperasi Ebier…
Manokwari Selatan

Gebrakan Kadis DLH, Mulai Jemput Sampah Rumah Tangga di Oransbari

1 Mins read
PENTUL, ORANSBARI-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manokwari Selatan (Mansel) tengah mencari solusi mengatasi persoalan sampah di daerah tersebut. Kepala DLH Mansel Christofol Mandacan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *