NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Dinilai Kurang, KPU Mansel Diminta Lebih Masif Sosialisasi Terkait Pilkada

2 Mins read

PENTUL, RANSIKI – Ketua Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Manokwari Selatan (Mansel), Jhony Saiba mengkritisi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Selatan yang menurutnya kurang masif melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan tahapan Pilkada yang tengah berlangsung di daerah tersebut termasuk sosialisasi kotak kosong.

Baginya, tahapan Pilkada di Kabupaten Manokwari Selatan saat ini belum berjalan maksimal.

Hal itu akan berdampak pada proses demokrasi di daerah tersebut, bisa saja tidak berjalan sebagamana mestinya jika tidak disikapi dengan baik dengan siswa waktu yang ada oleh penyelenggara.

Seharusnya, lanjut Jhony sosialisasi terkait kotak kosong kepada masyarakat lebih sering dilakukan. Karena hal ini menyangkut masa depan Manokwari Selatan 5 tahun kedepan.

“Sosialisasi ini harus dilakukan, tapi sampai hari ini kurang dari dua minggu kedepan sosialisasi ini tidak dilakukan (masif),”cetus Jhoni.

Selain itu, dia juga mengaku sangat bingung dengan kinerja KPU Mansel karena pimpinan dari lembaga tersebut lebih sering keluar kota ketimbang menjalankan tugas dan tupoksinya di Manokwari Selatan.

“Harapan kamikan mereka ini seharusnya berada di kantor, karena kalau mereka di kantor komunikasi dengan (partai) PPID ataupun masyarakat yang ingin mengetahui informasi tentang Pilkada pasti akan berjalan baik. Tapi sampai hari ini melihat situasi yang seperti ini bukan kami saja tapi masyarakat juga pasti malas untuk ke KPU untuk cari informasi soal Pilkada karena seperti yang saya bilang tadi, sosialisasi disini tidak berjalan,”pungkasnya.

Hal senada juga dikatakan oleh tokoh perempuan Mansel, Salomina Inyomusi.

Meskipun dirinya apresiasi dengan kinerja yang selama ini telah dijalankan oleh pihak KPU. Namun Salomina mengingatkan agar pihak KPU lebih giat lagi dalam sosialisasi soal kotak kosong, agar banyak warga yang menyalurkan hak pilihnya.

Karena menurutnya hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham tentang apa itu kotak kosong yang ada di surat sauara.

“Oleh sebab itu kami meminta kepada komisioner KPU agar bisa tetap ditempat supaya bisa mensosialisasikan hal ini. Oke, mungkin mereka keluar kota untuk mengejakan hal yang penting terkait koordinasi dengan dari Pusa, tapi kalau urusan diluar sudah selesai kembalilah ke Mansel untuk melakukan sosialisasi agar masyarakat semua paham tentang penting Pilkada bagi pembangunan di daerah,”ujarnya.

“Kalau tidak ada sosialisasi nanti masyarakat yang tidak paham bilang untuk apa kita ke TPS untuk coblos, kandidatnya cuma satu saja, itukan dia sudah menang jadi tidak perlu kita coblos, itu bagi masyarakat yang belum paham. tapi kalau masyarakat yang paham ya pasti mereka akan tetap datang untuk ikut pencoblosan,”tambahnya.

Sehingga menurutnya sosialisasi Pilkada kepada masyarakat ini sangat penting karena hal ini menentukan pembangunan di Manokwari Selatan 5 tahun kedepan.

Sementara itu Ketua KPU Manokwari Selatan, Anthon J. Wopari ketika dikonfirmasi menyebtukan dirinya masih ada kegiatan di Raja Ampat dan hendak kembali ke Manokwari untuk menjalankan pemaparan visi misi calon tunggal Bupati dan Wakil Bupati Mansel.

Sementara pada 26/11, Ketua KPU belum memberikan tanggapan lanjutan setelah dikonfirmasi kembali melalui sambungan telepon seluler dan pesan whatsapp.

Untuk diketahui, menunjang penyebaran informasi terkait tahapan pilkada, KPU Mansel telah menggaet sebanyak 43 relawan demokrasi ( relasi) yang telah dilantik dan jalankan tugas sebagai relawan demokrasi.(ABE/MDR).

Related posts
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Tekad Tingkatkan SDM Pertanian

1 Mins read
  PENTUL, MANSEL-Meskipun terkendala anggaran yang minim. Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pertanian Manokwari Selatan (Mansel) akan terus dikembangkan. “SDM ini yang…
Manokwari Selatan

Wabup Rengkung Jamu Rombongan Kepala BPPSDMP Kementan, Bahas SDM Pertanian

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyambangi…
Manokwari Selatan

Lagi, Coklat Ransiki Dilirik Dunia

1 Mins read
Bupati Markus Waran. PENTUL,MANSEL-Lagi, coklat Ransiki dilirik dunia. Kali ini, investor dari Jepang, pemilik saham dari Ezaki Glico tertarik bekerjasama dengan Koperasi…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *