NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Isu Beras Impor, DPKP Mansel Pastikan Pasar Beras Loakl Aman

1 Mins read

PENTUL,RANSIKI-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Manokwari Selatan (Mansel) menegaskan, pihaknya tetap memprioritaskan produk pertanian lokal guna mencukupi kebutuhan warganya.

Sehingga, kebijakan impor beras oleh pemerintah pusat, tidak berdampak buruk bagi petani di daerah yang dihuni sekira 42 ribu jiwa tersebut.

Sekretaris DPKP Mansel Frans Meokbun mengatakan, itu merupakan prioritas utama Pemkab Mansel untuk lebih memperhatikan petani lokal Mansel.

“Kita berdayakan duluh petani lokal yang ada di sini. Kita harus jamin pasar mereka, agar kemudian tidak tertekan dengan beras impor. Tapi pastinya dari pemerintah pusat sudah membaca dan menimbang sebelum memutuskan harus impor beras. Tapi untuk kita di Mansel sini tidak berdampak sama sekali,” tuturnya, Selasa (23/3/2021).

Bahkan menurut dia, pada saat penyaluran beras ke masyarakat akibat pandemi Covid-19, Pemkab Mansel tetap memprioritaskan beras lokal.

“Kemarin ada pembagian beras ke masyarakat, kita beli di Distrik Oransbari. Itu kebijakan Pak Bupati untuk mengutamakan petani kita di sini. Terus masih ada juga stok gabah petani. Saya tidak tahu berapa banyak (stok gabah) tapi itu kita akan manfaatkan untuk tercukupinya pangan daerah,” ungkapnya.

Menurut dia, selain membutuhkan bantuan selama proses menanam hingga panen, petani juga harus diberi jaminan setelah panen dilaksanakan.

“Jadi ada subsidi pupuk juga. Tapi yang lebih harus diperhatikan, bagaimana setelah panen. Jangan sampai kita bantu di awal, tapi pas panen, tidak ada pasarnya,” ucap Frans.

Dia kemudian mengimbau, para petani di Mansel agar tetap fokus dalam menjalankan profesi sebagai petani, dan tidak perlu khawatir terkait pasar beras pasca panen.

“Kita pasti akan terus mengutamakan beras lokal,” tegasnya.(REDAKSI)

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Manokwari SelatanOlahraga

Ada Angin Segar dari Kemenpora untuk Bidang Olahraga Mansel

1 Mins read
Kadispora Mansel, Marten Rumaseb/Lio PENTUL, MANSEL-Usaha dan Kerja Keras untuk mengukir prestasi demi prestasi terus di lakukan oleh talenta muda Segitiga Emas…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *