NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

DPU Mansel Terjunkan Alat Berat Normalisasi anak sungai Warsui

1 Mins read

PENTUL,MANSEL-Belakangan ini, beberapa titik di Distrik Ransiki tergenang banjir. Di Kampung Persiapan Mbesyian Munhibij, enam rumah menjadi korban dari luapan anak sungai Warsui.

Pemda Mansel kemudian mengambil langkah cepat dengan melakukan penggalian (normalisasi) di salah satu titik aliran anak sungai Warsui di Kampung Persiapan Mbesyian Munhibij.

Namun, alat berat yang digunakan sejak Senin lalu dinilai sudah tidak layak pakai.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kampung Persiapan Mbesyian Munhibij Thoman Manam, Kamis (10/6/2021).

“Gigi-giginya sudah ompong, baru mau gali macam alat mau terbalik. Kemarin mesin langsung mogok. ,” tuturnya.

Manam mengatakan, dirinya akan berkordinasi dengan Bupati Markus Waran, untuk bisa mengganti alat berat dengan kualitas yang lebih baik.

“Kalau alat bagus, kerja tiga sampai empat hari sudah selesai. Kalau seperti ini, rugi di waktu, rugi di anggaran,” sebutnya.

Lanjutnya, Pemda Mansel harus lebih memperhatikan masyarakat yang hidup di bantaran kali. Sebab kata dia, ini sudah kali ketiga kampung tersebut menjadi korban luapan kali.

“Waktu yang banjir pertama saya sudah kasih tunjuk bupati untuk lihat. Ini sudah tiga kali. Jadi pemerintah juga harus serius untuk memperhatikan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas PU Mansel Yakobus Harewan mengatakan, masyarakat yang hidup di bantaran kali juga harus bekerjasama dengan pemerintah untuk menjaga lingkungan sekitar.

“Tidak tahu juga siapa yang tebang kayu besar dan menghalangi jalannya air. Akibatnya ketika intensitas hujan tinggi, air menguap. Jadi masyarakat juga bantu pemerintah. Kalau mau tebang kayu, jangan taru di kali,” tandasnya.(REDAKSI)

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *