NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Wabup Rengkung Jamu Rombongan Kepala BPPSDMP Kementan, Bahas SDM Pertanian

1 Mins read

PENTUL, MANSEL-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr menyambangi kantor Bupati Manokwari Selatan, pada Kamis, (17/6/21).

Kedatangan Kepala BPPSDMP Kementan diterima langsung wakil Bupati Manokwari Selatan, Wempy Welly Rengkung di aula kantor Bupati Mansel. Tujuan kehadiran Kepala BPPSDMP guna mendengar langsung perkembangan pertanian di Kabupaten tersebut.

Prof Dedi mengaku, sangat kagum dengan situasi kabupaten Manokwari Selatan yang terlihat hijau. Menurutnya, kabupaten Manokwari mempunyai kesuburan tanah yang luarbiasa.

Dia berharap kabupaten Manokwari terus mengembangkan dunia pertanian dengan modal kesuburan tanah yang dimiliki. Namun hal utama yang harus dibenahi adalah Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian, sebab SDM Pertanian mempunyai peran penting dalam pembangunan pertanian.

“Kunjungan kami kesini guna membangun kerjasama dengan kabupaten Manokwari Selatan untuk menggenjot kapasitas para SDM Pertanian ,” ujar Prof Dedi.

Dia kemudian memaparkan sejumlah program unggulan Mentan SYL, salah satunya Kostratani. Prof Dedi menegaskan program Kostrani semata-mata untuk pemberdayaan SDM Pertanian para penyuluh dengan mengoptimalkan peran Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang ada di kecamatan.

Pada kesempatan itu, wakil Bupati Manokwari Selatan menuturkan, kunjungan Kepala BPPSDMP dan rombongan sangat berharga bagi masa depan pertanian di Manokwari Selatan.

“Mengembangkan pertanian, kapasitas penyuluh yang ada untuk membina seluruh masyarakat yang mempunyai profesi dibidang pertanian. Kunjungan hari ini sangat berarti, mudah-mudahan kedepan hal-hal yang perlu kami sikapi, tingkatkan dalam koordinasi kerja dalam perkembangan pertanian maupun program-program pertanian bagi Manokwari Selatan dapat terwujud,” tutur Rengkung.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes yang mendampingi Kepala BPPSDMP Kementan menyebut, pihaknya sebagai UPT dibawah Kementan, tentu menjalankan tugas pokok dan fungsi dibidang pendidikan.
Menurut Purwanta untuk tahun ini, sebanyak 10 mahasiswa asal Kabupaten Manokwari Selatan menempuh pendidikan di kampus Polbangtan Manokwari.
“Banyak alumni kami telah tersebar di Papua Barat, termasuk di kabupaten Manokwari Selatan,” ungkap Purwanta.(REDAKSI)

Related posts
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Pemerintah Pusat Diminta Dukung Penuh Pengembangan Kakao Ransiki

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pemerintahan Manokwari Selatan (Mansel) melalui Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung berharap ada dukungan penuh dari Pemerintahan Pusat terhadap pengembangan komoditas unggulan…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini. Menurut Charlie,…
Manokwari Selatan

Rumaseb : Tiga Karang Taruna Segera Dilantik

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Pengembangan kepemudaan di Mansel terus digembleng. Hal ini tak lepas dari niatan meningkatlan kapasitas pemuda di daerah tersebut. Kepala Dinas Pemuda…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *