NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

BUMDes di Mansel Terima Hibah Dua Unit Mini Bus

2 Mins read

PENTUL, MANSEL– Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) hibahkan 2 unit mini bus kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri Sejahtera milik Pemerintah Kampung Margorukun, Distrik Oransbari,Jumat (13/8).

Penyerahan dua mini bus tersebut dilakukan oleh Bupati Mansel, Markus Waran, didampingi Kadis Perhubungan, Yus Srimaryoso dan Ketua DPRD Mansel, Moses Anari.

Sebelum melakukan penyerahan, Kepala Distrik Oransbari, Yacobus Ramar sebagai pembawa acara melaporkan , bahwa.

Berdasarkan catata yang ada padanya, di distrik Oransbari sendiri terdapat sejumlah Kampung yang sudah memiliki BUMDes, ada yang mengelola pembuatan batu bata, ada juga yang membuka koperasi simpan pinjam maupun membangun Ruko dan Kios penjualan sembako.

Ramar menambahkan bahwa BUMDes adalah sebuah unit usaha milik desa yang berfungsi untuk menggerakkan perekonomian desa atau ekonomi mayarakat kampung sesuai potensi desa/kampung.

Untuk itu kehadiran BUMDes setiap kampung sangat menguntungkan dan wajib didukung oleh pihak terkait, meski belum semua berjalan maksimal.

Sementara itu, Bupati Markus Waran mengatakan kampung yang telah miliki BUMDes harus bisa berinovasi, bukan saja untuk pembuatan batu tela dan koperasi, tetapi juga bisa mengembangkan peternakan sapi, peternakan ayam dan usaha lain yang bisa lebih cepat mendatangkan uang untuk diputar kembali oleh BUMDes sesuai potensi desa dan peluang usaha.

Waran juga mengatakan, BUNDes yang usahanya macet jangan patah semangat, namun harus mengambil hikmah pelajaran dengan cara mengevaluasi kembali titik kelemahannya untuk diperbaiki kedepan supaya mendapat keuntungan.

Terkait hiba dua mini bus, Waran pesan kepada BUMDes yang belum menerima bantuan kendaraan, agar tidak kecewa dan berkecil hati, karena Pemerintah pasti akan memperhatikan hal itu kedepannya apabila BUNDes yang dikelola benar menunjukan kemajuan dan mendapatkan keuntungan yang berdampak positif kemajuan ekonomi desa.

Kesempatan tersebut Bupati minta agar pihak BUMDes yang menerima dua mini bus untuk gunakan kendaraan hibah sebagaimana mestinya, untuk majukan BUMDes.

Disamping itu, guna memajukan BUMDes, Bupati juga minta semua BUMDes yang ada agar tak segan minta bantuan konsultan maupun kontraktor yang berdomisili dimasing-masing desa untuk membantu kemajuan BUMDes.

Sementara itu, ketua DPRD Mansel, Moses Anari kesempatan tersebut memberikan peringatan atau pesan tegas kepada pihak pemerintah kampung Margorukun dan BUMDes Mandiri Sejahtera untuk tidak salah menggunakan kendaraan tersebut.

Jika ditemukan penyalahgunaan tegas Anari, dirinya selaku ketua DPRD akan mengundang pihak BPK untuk mengaudit, sebab kendaraan tersebut dibelanjakan dari uang Negara dan Rakyat.

“Ingat itu, kami akan melakukan pengawasan. Tidak main-main. Kami akan panggil BPK untuk melakukan audit, “tegas Anari.

Sekedar diketahui, dua mini bus hibah dari Dinas Perhubungan tersebut adalah kendaraan yang dibelanjakan melalui dana alokasi khusu (DAK) tahun 2020. Hal tersebut seperti tertera dalam berita acara serah terima hibah.(REDAKSI)

Related posts
Manokwari Selatan

Markus Waran Diundang Bank Indonesia Papua Barat Jadi Pembicara 

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan Markus Waran di undang kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat ke Kabupaten Tambrau, menjadi pembicara bagi petani Kopra…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Bank Indonesia Bantu Tiga Mesin Pengolahan Coklat Batangan kepada Koperasi Ebier Shut

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat, menyalurkan tiga buah mesin senilai Rp.200 juta kepada rumah produksi pengolahan coklat batangan milik koperasi Ebier…
Manokwari Selatan

Gebrakan Kadis DLH, Mulai Jemput Sampah Rumah Tangga di Oransbari

1 Mins read
PENTUL, ORANSBARI-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manokwari Selatan (Mansel) tengah mencari solusi mengatasi persoalan sampah di daerah tersebut. Kepala DLH Mansel Christofol Mandacan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *