NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Dua BUMDes di Mansel dapat Bantuan Modal 75 Jt 

1 Mins read

PENTUL, MANSEL– Sebanyak 2 (dua) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) mendapat bantuan permodalan BUMDes dari pemerintahan pusat melalui program pengembangan ekonomi dan investasi desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi sebesar Rp.75 jt.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mansel, Markus Waran di sela kegiatan penyerahan hiba dua mini bus Dinas Perhubungan Mansel kepada pihak BUMDes Mandiri Sejahtera kampung Margorukun di distrik Oransbari, Jumat (13/8) pagi.

Sigit Pamungkas, selaku koordinator pendamping desa/kampung tingkat kabupaten Manokwari Selatan pun turut membenarkan informasi tersebut saat dikonfirmasi oleh wartawan disaat itu.

“Jadi kemarin kita ada usulkan lima BUMDes dari Kabupaten Manokwari Selatan, dari hasil verifikasinya ada dua (BUMDes) saja yang tembus verifikasi administrasi yaitu BUMDes Mainominau kampung Hamor , dan disini yakni BUMDes Mandiri Sejahtera,”terang Pamungkas kepada wartawan.

“Untuk BUMDes di kampung Hamor yakni Unit usaha mereka adalah percetakan baru tela. Sedangkan disini (Mandiri Sejahtera) usaha kios kampung dan warung. Namun ada satu ruko mereka kebetulan ada masyarakat secara mandiri menyewa untuk buka kios. Kedua BUMDes ini dapat 75 juta, “kembali Pamungkas menjelaskan.

Bagi BUMDes yang belum beruntung mendapatkan dana permodalan tersebut kata Pamungkas, agar tidak berkecil hati tapi tetap semangat untuk memperbaiki BUMDes lebih baik kedepannya.

” Program Inikan setiap tahun ada. Yang lain bisa diusulkan lagi ditahun berikut. Untuk tahun ini kita usulkan lima, yang dapat dua saja. Sedangkan yang tidak memenuhi verifikasi yaitu BUMDes di disindang jaya, warbiadi dan masabui dua, “tukas dia.

Sementara secara keseluruhan BUMDes di Mansel berjumlah 19 unit. Dari jumlah tersebut menurut Pamungkas, baru 10 persen yang optimal beroperasi.

” Kalau di Mansel ada 19 terbentuk, hanya aktif sekitar 10 persen. Cuman kita bicara BUMDes inikan baru untuk masyarakat kita. Harus ada pendampingan kusus secara terus menerus. Kalau untuk dilihat dari progresya BUMDes Mandiri Sejahtera yang baik untuk saat ini, “pungkasnya. (REDAKSI)

Related posts
Manokwari Selatan

Markus Waran Diundang Bank Indonesia Papua Barat Jadi Pembicara 

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan Markus Waran di undang kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat ke Kabupaten Tambrau, menjadi pembicara bagi petani Kopra…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Bank Indonesia Bantu Tiga Mesin Pengolahan Coklat Batangan kepada Koperasi Ebier Shut

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat, menyalurkan tiga buah mesin senilai Rp.200 juta kepada rumah produksi pengolahan coklat batangan milik koperasi Ebier…
Manokwari Selatan

Gebrakan Kadis DLH, Mulai Jemput Sampah Rumah Tangga di Oransbari

1 Mins read
PENTUL, ORANSBARI-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manokwari Selatan (Mansel) tengah mencari solusi mengatasi persoalan sampah di daerah tersebut. Kepala DLH Mansel Christofol Mandacan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *