NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Adiri Mandowen sebut Pemancangan Batas Kawasan Hutan Penting

2 Mins read

PENTUL, MANSEL–Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XVII Manokwari bersama Pemkab Manokwari Selatan dan sejumlah kepala Distrik melaksanakan rapat pembahasan hasil pemancangan batas sementara dan identifikasi hak-hak pihak ketiga kawasan hutan Kabupaten Manokwari Selatan, Senin ( 16/8/2021).

Kegiatan yang berlangsung di aula Hotel Srikandi di Ransiki tersebut secara resmi dibuka Asisten I Setda Mansel, J.Adiri Mandowen, dan dihadiri Kasubag TU Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XVII Manokwari,Teddy Yosep Nainggolan. S. Sos. M.AP, Sekertaris Bappeda, Leo Sayori, Kepala Distrik Ransiki, Dataran Isim, Oransbari, dan Tahota.

Bupati Manokwari Selatan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Setda Mansel, J.A.Mandowen menegasakn kegiatan pemacanangan batas sementara dan identifikasi hak-hak pihak ketiga kawasan hutan di Kabupaten Mansel merupakan kegiatan pendukung atau awal dalam rencana kegiatan tata batas definitive.

Sehingga sambung Mandowen, diharapkan melalui kegiatan ini dapat memperlancar kegiatan tata batas definitive, terutama terhadap tuntutan hak atas tanah yang berada di dalam kawasan hutan baik yang datang dari masyarakat hukum adat maupun hak-hak pihak ketiga lainnya.

“Kita memaklumi bersama bahwa seiring dengan pertambahan penduduk, kebutuhan akan lahan oleh Pemerintah daerah dan masyarakat kian meningkat. Hal ini berdampak kian tingginya tekanan terhadap kawasan hutan. Namun di sisi lain, pembangunan daerah harus tetap menyeimbangkan aspek lingkungan guna keberlanjutan sumberdaya hutan sebagai sistem penyangga kehidupan, ”kata Mandowen.

Untuk itu, kegiatan pemancangan batas sementara dan identifikasi hak-hak pihak ketiga menurut Mandowen, mempunyai arti penting karena segala permasalahan dengan pihak ketiga akan diselesaikan sehingga pada waktu pelaksanaan tata batas definitive tidak ditemukan permasalahan yang berhubungan dengan penduduk atau masyarakat setempat maupun pihak ketiga.

Sementara itu, diketahui pemancangan batas sementara dan identifikasi hak-hak pihak ketiga yang dilaksanakan pada bulan Maret dan Juni 2021 di 5 distrik yakni Oransbari, Ransiki, Momiwaren, Tahota dan Dataran Isim dengan realisasi panjang 115.102,73 meter. (REDAKSI)

Upacara HUT RI ke 76 tingkat Kabupaten Mansel Mulai Pukul 8.00

PENTUL, MANSEL-Pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 tahun Republik Indonesia tingkat Kabupaten Manokwari Selatan akan dilangsungkan sejak pukul 08.00 Wit.

Wakil Ketua I Panitia Peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 tahun Republik Indonesia tingkat Kabupaten Manokwari Selatan, J.A.Mandowen menjeaskan bahwa hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan upacara di Istana.

“Besok upacara akan berlangsung lebih pagi karena setelah selesai undangan bisa langsung bubar tetapi khusus forkopimda lanjut ikuti upacara virtual tingkat nasional di Aula Setda” ujar Mandowen kepada wartawan, Senin (16/8/2021).

Asisten I Setda Kabupaten Mansel ini menambahkan berbeda dengan tahun sebelum pandemi, kali ini upacara berlangsung sederhana dan akibat adanya refocusing anggaran yang diperuntukan bagi penanganan covid-19 sehingga Pemerintah Daerah tidak melaksanakan rangkaian Upacara dan juga berbagai lomba yang biasa digelar setiap tahunnya.

Bahkan lanjut Adiri, upacara di tingkat Distrik juga ditiadakan dan hanya terpusat di Ransiki.

“Sesuai instruksi dari pusat dan juga gubernur papua barat, kita yang masih ada di level 3 PPKM hanya bisa melaksanakan upacara sederhana dengan pembatasan jumlah peserta upacara di lapangan. Sedangkan undangan yang disebar sekitar 100 sampai 200-an termasuk 6 kepala distrik, karena tahun ini tidak ada upacara di distrik dan kampung, melainkan dipusatkan di Ransiki, tidak ada kegiatan lain karena masih PPKM”imbuhnya

Sementara itu, Senin pagi nampak Kapolres Mansel AKBP. Slamet Haryono beserta Dandim 1808/Mansel Letkol.Inf.Boby Marsusitaning memantau langsung gladi resik upacara peringatan HUT RI ke 76 tahun tingkat Kabupaten Mansel yang berlangsung di Lapangan Garuda Ransiki. (REDAKSI)

Related posts
Manokwari Selatan

Markus Waran Diundang Bank Indonesia Papua Barat Jadi Pembicara 

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan Markus Waran di undang kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat ke Kabupaten Tambrau, menjadi pembicara bagi petani Kopra…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Bank Indonesia Bantu Tiga Mesin Pengolahan Coklat Batangan kepada Koperasi Ebier Shut

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat, menyalurkan tiga buah mesin senilai Rp.200 juta kepada rumah produksi pengolahan coklat batangan milik koperasi Ebier…
Manokwari Selatan

Gebrakan Kadis DLH, Mulai Jemput Sampah Rumah Tangga di Oransbari

1 Mins read
PENTUL, ORANSBARI-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manokwari Selatan (Mansel) tengah mencari solusi mengatasi persoalan sampah di daerah tersebut. Kepala DLH Mansel Christofol Mandacan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *