NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari

Polbangtan Manokwari Kembali Cetak 77 Sarjana 

2 Mins read

PENTUL, MANOKWARI-Wow…..Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari kembali cetak sarjana terapan program diploma IV tahun ke III.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rapat senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana terapan program diploma IV ke-3, tahun akademik 2020/2021 Kamis, (26/8/21), di salah satu hotel di Manokwari.

Melalui rapat senat dengan protokol kesehatan Covid-19 ketat itu, sedikitar 77 orang mahasiswa yang digeser toganya.

Yakni terdiri dari 53 sarjana Program Studi Perkebunan dan 24 sarjana Program Studi Peternakan.

Direktur Polbangtan Manokwari. Dr. drh. Purwanta, M.Kes menegaskan bahwa, diusia ke-3 tahun, Polbangtan Manokwari terus berbenah dari semua sisi.

Peristiwa wisuda hari ini kata dia, tidak sekedar menambah jumlah alumni Polbangtan atau STPP Manokwari menjadi 744 alumni.

“Lebih dari itu tentunya adalah bentuk pertanggungjawaban Polbangtan Manokwari kepada para mahasiswa, kemudian tentu kepada keluarga masyarakat dan pemerintah bahwa, Polbangtan Manokwari mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan sangat baik,”kata Dia.

Purwanta melaporkan, rata-rata IPK lulusan 3 tahun terakhir mengalami peningkatan tajam. Semenjak 2019-2021 berturut-turut IPK rata- rata antara 3,28 dan 3,45, sedangkan untuk Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan rata-rata adalah IPK 3,5.

“Untuk Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesehatan Hewan ini juga mengalami peningkatan dalam 3 tahun terakhir, jadi di tahun 2019 IPK rata-rata mahasiswa itu 3,27, di tahun 2021 ini mengalami peningkatan rata-rata menjadi 3,31. Kemudian terkait jumlah lulusan ini juga cenderung meningkat, di tahun 2019, ada 65 orang, kemudian di tahu 2020 ada 64 orang dan di tahun ini 77 orang,”papar Purwanta, merincikan.

Tidak sampai pada peningkatan rata-rata IPK dan alumni, sebut Purwanta peningkatan juga terjadi pada mahasiswa baru Polbangtan Manokwari yang terus bertambah tiap tahun.

“Jika di cermati animo pendaftar di Polbangtan Manokwari 3 tahun terakhir, juga relatif stabil jadi kalau kita lihat di 2 tahun terakhir ini walaupun situasi pandemi tetap tidak berdampak,” tutur Purwanta.

Terkait ketepatan studi Purwanta mengaku, masih perlu perhatian yang serius. Untuk wisuda kali ini, ketepatan studi bagi mahasiswa yang masuk di 2017 pada prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan dari awalnya 68, yang lulus tahun ini 52 orang dengan ketepatan studi 76,5 persen.

Selanjutnya, untuk prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan dari 36 mahasiswa awalnya, di tahun 2017 yang di wisuda 4 tahun sebanyak 21 orang, sehingga persentasenya 58,3 persen.

“Ini tentu cukup memprihatinkan baik peternakan maupun penyuluhan pertanian, hal ini tentu banyak kendala baik kasus-kasus DO, cuti kuliah karena baik itu sifatnya akademik maupun non-akademik. Sehingga ini menjadi PR kita bersama untuk kita sikapi serius, mengingat pendidikan kita ini kan pendidikan paket, sehingga memang idealnya mahasiswa itu di atas 90 persen, bisa tetap studi 4 tahun,” terang Purwanta.

Berkaitan dengan tema wisudakali ini, Purwanta menyatakan, program aksi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM pertanian dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan pertanian, salah satunya adalah penumbuhan 2,5 juta petani milenial. Sedangkan pabrik pencetayan adalah melalui pendidikan tinggi vokasi di lingkup Kementerian Pertanian, polbangtan Manokwari adalah salah satunya.

“Sehingga tentunya melalui tema ini, diharapkan mendorong alumni yang selama ini menuntun pendidikan dan sudah dibekali jiwa agrosociopreneur melalui kegiatan-kegiatan kewirausahaan seperti PWMP dan soft skill, tentu dapat mewujudkan kualifikasi job creator di samping juga kualifikasi sebagai job seeker tentu terkait dengan perwujudan 2,5 juta petani milenial tersebut tentu dalam rangka regenerasi pertanian. Baik itu regenarasi aparatur pertanian maupun regenarasi pelaku utama dalam hal ini adalah petani,” tambah Purwanta. (TW/REDAKSI)

 

Related posts
Manokwari

Pengurus Baru IKF Papua Barat Akan Dilantik 25 September 2021

1 Mins read
PENTUL, PAPUABARAT-Badan Pengurus Ikantan Keluarga Flobamora (IKF) Papua Barat periode baru sesuai rencana akan dilantik pada 25 September 2021 mendatang di Aula…
Manokwari

Ratusan Kaum Duafa di Manokwari Terima bantuan Sembako dari BMP & BPMP

2 Mins read
PENTUL, MANOKWARI-Bandan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Merah Putih Republik Indonesia (RI), Provinsi Papua Barat dan DPD Barisan Pejuang Merah Putih…
Manokwari

Reses II, Sergius Rumsayor Sambangi 3 Kampung Di Manokwari

2 Mins read
Anggota DPR Papua Barat, Dapeng Manokwari Raya, Sergius Rumsayor, S.S saat melakukan Reses Masa Sidang II Tahun Anggaran 2020/2021, Kampung Pasir Putih,…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *