NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Pimpin Rapat Evaluasi Program JKN, Rengkung Berharap Peserta hasilkan Solusi

2 Mins read

PENTUL,MANSEL-Wakil Bupati Manokwari Selatan, Wempi Welli Rengkung pimpin rapat evaluasi program jaminan kesehatan nasional (JKN) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Rabu (8//9/2021).

Pada pertemuan yang diprakarsai BPJS Manokwari Selatan tersebut turut hadir, Kepala Disdukcapil, Kadis Kesehatan, Kadis PMK, perwakilan Dinas Sosial, Kepala BPKAD, Kepala Bappeda, Kepala cabang BPJS Manokwari dan kepala BPJS Manokwari Selatan di ruang vip Kantor Bupati Mansel.

Dalam arahannya Wempi Rengkung mengapresiasi BPJS Manokwari Selatan telah memprakarsai kegiatan evaluasi dalam rangka membangun kesamaan presepsi dan optimalisasi program JKN di kabupaten Manokwari Selatan.

“Dari awal pemerintah daerah mempunyai satu komitmen dalam visi dan misinya, dalam RPJMD nya sudah tersusun, dimana pemda Manokwari Selatan menyelarasakan apa yang disampaikan presiden Republik Idonesia untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat melalui tatanan-tatanan yang dilindungi dengan undang-undang,”tegas Rengkung.

Namun dalam perjalananan program JKN di Kabupaten Manokwari Selatan sambung Wempi Rengkung, terdapat aral dan rintangan atau hambatan yang perlu disikpai.

Belakangan kami banyak menerima keluhan-keluhan dari masyarakat soal JKN, sehingga ini perlu kita mencari solusi bersama. Momen evaluasi hari ini sangat tepat.

“Ada keluhan dari masyarakat, adanya perubahan-perubahan bahkan bisa terjadi adanya tunggakan-tunggakan karena adanya perkembangan data. Oleh sebab itu dalam pertemuan forum komunikasi saya mau katakana ini kita akan menyamakan presepsi dan mencari solusi secara cepat, tepat dan harus melakukan koordinasi yang optimum. Tidak hanya hari ini bertemu, hari ini bicara permasalahan tapi yang lebih penting adalah penyelesaian masalah agar tidak berlarut-larut, jadi harus di tindak yang cepat, tepat, kita kurangi bicara bertele-tele pada akhirnya buang-buang waktu,”tandas Rengkung.

Sementata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Deny Jermy Eka Putra Mase dalam penjelasannya menuturkan, sampai bulan September 2021, total peserta JKN Kabupaten Mansel sebanyak 31.672 jiwa dari jumlah total penduduk Mansel sebanyak 37.014 jiwa.

Terdiri dari penerima bantuan iuran/PBI APBN sebanyak 18.565 jiwa, PBI APBD atau Jamkesda Mansel 10.980 jiwa, pekerja penerima upah/PPU (PNS,TNI,Polri, Pejabat Negara, Dewan,dll) sebanyak 1.690 jiwa, PBPU sebanyak 308 jiwa dan bukan pekerja 120 jiwa.

Dengan skema bantuan iuran PBPU yang didaftarkan pemda sebesar Rp35 ribu dan bantuan iuran Pemda sebesar Rp2.800 dan bantuan iuran Pemda untuk Peserta Mandiri kelas III sebesar Rp2.800, sehingga total tagihan pembayaran iuran PBPU dan BP Pemda Mansel hingga September 2021 sebanyak Rp.183.918.000.

Kebutuhan anggaran iuran, bantuan iuran PBPU dan BP Pemda serta Bantuan Iuran Mandiri Aktif Kelas 3 pada tahun anggaran sebesar Rp.5.045.809 dengan target jumlah jiwa sebanyak 11.106.

“Saat ini jumlah jiwa yang tercover 10.980 dan masih menyisakan kuota 126 jiwa, sehingga diharapkan Pemda bisa mendaftarkan warganya agar memenuhi kuota dan anggaran yang dibayarkan. Selain itu, terdapat selisih peserta sejumlah 3.122 jiwa yang belum tercover JKN di Mansel sehingga perlu ditingkatkan agar mencapai UHC 95 persen”kata Deny.(REDAKSI)

Related posts
Manokwari Selatan

Markus Waran Diundang Bank Indonesia Papua Barat Jadi Pembicara 

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan Markus Waran di undang kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat ke Kabupaten Tambrau, menjadi pembicara bagi petani Kopra…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Bank Indonesia Bantu Tiga Mesin Pengolahan Coklat Batangan kepada Koperasi Ebier Shut

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat, menyalurkan tiga buah mesin senilai Rp.200 juta kepada rumah produksi pengolahan coklat batangan milik koperasi Ebier…
Manokwari Selatan

Gebrakan Kadis DLH, Mulai Jemput Sampah Rumah Tangga di Oransbari

1 Mins read
PENTUL, ORANSBARI-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manokwari Selatan (Mansel) tengah mencari solusi mengatasi persoalan sampah di daerah tersebut. Kepala DLH Mansel Christofol Mandacan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *