NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Dinas Pertanian Bakal Perbaiki Mutu Beras Lokal

1 Mins read

PETNUL, MANSEL-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Manokwari Selatan (Mansel) bakal perbiki “peningkatan” mutu beras khususnya di wilayah Distrik Oransbari.

Kepala DPKP Mansel Mochamad Amir mengatakan, peningkatan mutu beras harus dilakukan agar beras lokal mampu bersaing dengan beras yang dipasok dari luar Mansel.

“Yang pertama beras lokal itu masih ada butiran-butiran hitam. Sementara harga beras yang dari luar itu perbedaan harganya mungkin Rp300 rupiah per kg dengan kualitas yang lebih baik. Jadi kualitas beras lokal ini yang harus kira pacu,” tuturnya, Rabu (1/9/2021).

Strategi lain untuk tingkatkan mutu beras giling dengan cara,”Varietasnya akan kita rubah. Kalau varietasnya tidak dirubah, berarti harus ada bibit unggul. Sistem penjemurannya juga harus diperbaiki. Karena sering belum kering sudah dimasukan ke karung, makanya pas digiling hancur,” sambungnya.

Olehnya kita akan turun ke lapangan untuk memberikan pemahaman kepada petani agar memahami cara dalam peningkatan mutu beras.

“Nanti kita turun lapangan untuk kasih tahu ke petani. Harus ada penyuluhan terutama pascapanen untuk menjaga mutu beras. Soal produksi kalau sudah di atas tujuh ton suda lumayan,” tuturnya.

Ditekankan Amir, peningkatan mutu dan produksi beras lokal menjadi prioritas DPKP Mansel. Pasalnya, sesuai dengan instruksi bupati, kedepannya beras lokal akan dimanfaatkan sebagai jatah beras bagi ASN di lingkup Pemda Mansel.

“Yang pertama itu harganya harus cocok dengan standar harga Bulog. Terus bagaimana dengan keberlanjutan produksi beras lokal. Karena takutnya susah oke dengan Bulog terus produksinya tidak berlanjut dan tidak memenuhi sampai 12 bulan. Jadi ini kita harus hitung bersama,” tandasnya.(REDAKSI)

Related posts
Manokwari Selatan

Markus Waran Diundang Bank Indonesia Papua Barat Jadi Pembicara 

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan Markus Waran di undang kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat ke Kabupaten Tambrau, menjadi pembicara bagi petani Kopra…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Bank Indonesia Bantu Tiga Mesin Pengolahan Coklat Batangan kepada Koperasi Ebier Shut

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat, menyalurkan tiga buah mesin senilai Rp.200 juta kepada rumah produksi pengolahan coklat batangan milik koperasi Ebier…
Manokwari Selatan

Gebrakan Kadis DLH, Mulai Jemput Sampah Rumah Tangga di Oransbari

1 Mins read
PENTUL, ORANSBARI-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manokwari Selatan (Mansel) tengah mencari solusi mengatasi persoalan sampah di daerah tersebut. Kepala DLH Mansel Christofol Mandacan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *