NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Gebrakan Kadis DLH, Mulai Jemput Sampah Rumah Tangga di Oransbari

1 Mins read

PENTUL, ORANSBARI-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manokwari Selatan (Mansel) tengah mencari solusi mengatasi persoalan sampah di daerah tersebut.

Kepala DLH Mansel Christofol Mandacan mengatakan, pihaknya sudah memulai mencoba sistem jemput sampah bagi kategori rumah tangga, hal itu mulai dicoba di Distrik Oransbari.

Kadis DLH Mansel, Cristofol R. Mandacan pimpin staf kebersihan jemput sampah rumah tangga di Oransbari. Foto IST

Ditekankan Christofol, persoalan sampah ini tidak boleh dianggap remeh, dan harus segera dicarikan jalan keluar.

“Jangan main-main dengan persoalan sampah. Karena masalah nanti tambah besar. Jadi kita tetap harus gerak cepat cari solusi,” tuturnya.

Ia menjelaskan, sekarang kendala yang masih harus dihadapi adalah terkait tempat pembuangan sementara yang belum bisa dipakai secara leluasa akibat di palang oleh pihak pemilik lahan.

“Yang tempat pembuangan sementara bisa pakai tapi ada sedikit kendala. Karena yang punya wilayah palang. Jadi solusinya bagaimna tempat pembuangan akhir itu bisa secepatnya dibuat. Bappeda dan PU bisa merencanakan dan membangun TPA. Karena volume penduduk itu akan diikuti dengn volume sampah,” ungkapnya.

Lanjut Christofol, tunjang langkah program menjemput sampah rumah tangga, pihaknya akan menambah bak sampah di 2022 mendatang.

“Nanti kita tambah tiga di Ransiki, terus dibagi di beberapa titik. Begitu juga dengan yang di Oransbari,” tukasnya.(LIO)

Related posts
Manokwari Selatan

Markus Waran Diundang Bank Indonesia Papua Barat Jadi Pembicara 

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan Markus Waran di undang kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat ke Kabupaten Tambrau, menjadi pembicara bagi petani Kopra…
Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Bank Indonesia Bantu Tiga Mesin Pengolahan Coklat Batangan kepada Koperasi Ebier Shut

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat, menyalurkan tiga buah mesin senilai Rp.200 juta kepada rumah produksi pengolahan coklat batangan milik koperasi Ebier…
Manokwari Selatan

Bekersemptan Sambangi SMAN Ransiki, Yosias Doansiba Harapkan Ini kepada Gubernur

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam sebuah kunjungan kerjanya ke Manokwari Selatan, dalam rangka melakukan pencanangan merdeka belajar di SMP Negeri Ransiki pada (Sabtu, 11 September 2021),…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *