NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Prof. Charlie : Pembangunan Pabrik Pengolahan Coklat Rampung Akhir Tahun

1 Mins read

PENTUL,MANOKWARI-Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Charlie Hehatubun pastikan pembangunan rumah pabrik pengolahan coklat di Ransiki rampung akhir tahun ini.

Menurut Charlie, pembangunan pabrik dengan sumber dana otsus sebesar Tujuh (7) Miliar Rupiah dari APBD Papua Barat tersebut akan dimulai setelah rampungnya proses lelang proyek pada akhir bulan September 2021 ini.

“Saat ini sedang dalam tahap proses pelelangan dan akhir bulan ini akan ditetapkan perusahan atau kontraktor pemenang pelelangan. Dan otomatis segera akan dilakukan groundbreaking proses pembangunan. Kita harapkan akhir tahun ini fasilitas tersebut sudah jadi, begitu,”jawab Charlie kepada wartawan di Mansinam Beach Hotel saat acara lokakarya rencana usaha koperasi Ebier Suth Ransiki yang dihadiri Wakil Bupati Mansel, Wempi Rengkung dan Stafsus Milenial Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar.

Pabrik tersebut nantinya akan dibangun pada lahan seluas 4 hektar milik koperasi Ebier Suth yang sebelumnya telah dilakukan peletakan batu pertama beberapa waktu lalu di sekitar kampung Sabri Ransiki oleh Gubernur Papua Barat.

Usai membangun, pabrik tersebut akan di isi mesin pengolahan bantuan dari mitra pertumbuhan ekonomi hijau, begitu juga ada dukungan Pemkab Mansel untuk pembangunan irigasi dan kelistrikan.

Sesuai master plan-nya, sambung Charlie, kawasan Industri Kakao Mansel akan dijadikan kawasan sains teknopark. Akan dilengkapi dengan gedung inovasi/tempat penelitian, kantor, ruang pertemuan dan juga home stay maupun cafe.

“Jadi selain ada kegiatan pengelolaan kakao juga bisa dilakukan pelatihan dan penelitian oleh generasi muda Papua dalam bisnis inkubator itu,”ujarnya.

Kawasan tersebut nantinya akan dijadikan pusat riset dengan status UPT dibawah Balitbangda Provinsi Papua Barat.

Dengan target kita, kawasan ini mampu memproduksi turunan coklat yang siap dipasarkan, tidak sebatas barang setengah jadi. (LIO)

Related posts
Manokwari SelatanPendidikan

Tak Ada Pendaftaran Baru PPPK di 2021, Hanya Seleksinya Dilakukan Tiga Kali

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Kasubag Umum dan Kebegawaian Dinas Pendidikan Manokwari Selatan (Mansel) Derek Tapilatu menegaskan, pihaknya tidak membuka pendaftaran baru terkait penerimaan Pegawai Pemerintah dengan…
Manokwari SelatanPendidikan

Tantangan Bupati Waran kepada STKIP Muhammadiyah Oransbari agar Berdiri Sendiri

1 Mins read
Foto Rudy/Muhammadiyah PENTUL,ORANSBARI-Bupati Manokwari Selatan (Mansel) Markus Waran, ST., M. Si., memberi tantangan STKIP Muhammadiyah Kelas Oransbari agar berdiri sendiri tanpa berada…
Manokwari SelatanPendidikan

Bupati Waran Hadir Acara Milad ke 8 STKIP Muhammadiyah Oransbari

1 Mins read
PENTUL, ORANSBARI-Ditengah kesibukannya Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, ST, M. Si, berkesempatan hadiri acara milad ke 8 STKIP Muhammadiyah Manokwari kelas Oransbari,…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *