NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Ekonomi & BisnisManokwari Selatan

Hingga September, Ekspor Kakao Kering Ransiki Capai Rp. 8,3 Miliar

1 Mins read

PENTUL, MANOKWARI-Kakao Ransiki kembali diekspor ke luar negeri melalui sejumlah mitra. Terbaru, hampir 11 ton Kakao Ransiki diekspor kepada PT Cargill Surabaya (10,5 ton) dan PT Jika Chocolate Jakarta (400Kg), yang dilaksanakan di Pelabuhan Manokwari, Sabtu (25/9/2021).

Dari data yang diterima, dengan tambahan 11 ton ini, total sekira 268,8 ton kakao kering asal Ransiki sudah diekspor sejak Januari hingga September 2021 ini, dengan capaian pemasukan Rp.8,3 miliar.

“Ini sudah pengiriman yang kelima. Kegiatan pembinaan Koperasi Ebier Suth dalam ekspansinya mengelola perkebunan kakao, terus berkelanjutan. Di mana Pemda Mansel sudah melaporkan ke Gubernur Papua Barat terkait rencana pengembangan Koperasi Ebier Suth,”kata Wakil Bupati Mansel, Wempi Rengkung.

Rengkung menjelaskan, kualitas dan keunikan Kakao Ransiki sudah diakui dunia. Sehingga menurut dia, pengembangan kualitas harus terus dilakukan.

“Kakao Ransiki sudah dikenal dunia, khususnya di eropa. Oleh sebab itu, Pemda Mansel akan terus memacu pengembangan ekspansi Kakao Ransiki,” ujarnya.

Wempi kemudian mengapresiasi setiap stakeholder yang sudah turut membantu pengembangan Kakao Ransiki.

“BI telah memberi bantuan berupa mesin produksi coklat yang sudah dioperasikan dan sudah menghasilkan produk coklat batangan. Kedepan sarana prasarana pada fasilitas pabrik kakao yang rencananya rampung tahun ini akan terus dikembangkan,” jelasnya.

Sementara, Gubernur Dominggus Mandacan mengatakan, pengembangan komoditas kakao di Mansel akan terus didorong.

Sebab dikatakan Mandacan, kakao asal Ransiki merupakan salah komoditas unggulan Papua Barat.

“Satgas komoditi unggulan juga sudah dibentuk beranggotakan para pihak yang kompeten dari hulu sampai hilir,” ungkapnya.

“Pengembangan harus terus dilakukan, kordinasi yang baik harus terus dilakukan agar setiap proses berjalan baik,” pungkasnya.(LIO)

Related posts
Manokwari Selatan

Dorong Pangan Lokal, Bupati Ikut Lomba Makan Papeda

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel) Markus Waran mengatakan, Pemda Mansel akan serius mengembangkan sagu di daerah berjuluk segitiga emas tersebut. Dikatakan Waran,…
Manokwari SelatanPapua Barat

Bupati Waran & Bank Papua Tanda Tangan PKS Payroll GajiĀ 

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, ST., M. Si., menyampaikan, apresiasi kepada Bank Papua yang telah menyetujui adanya perjanjian kerja sama (PKS)…
Manokwari Selatan

Buka Pelatihan Bimtek SIPD, Bupati Ingin Meletak Fondasi Pemerintah Yang Baik

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, ST.,M.Si., resmi membuka Pelatihan Bimbingan Teknis Sistim Informasi Pemerintah Daerah (SPID), kegiatan itu berlangsung di Pendopo Bypass…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *