NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Pertama di Papua Barat, Kemendes dan Pemkab Mansel Launching Program Tekad 

1 Mins read

PENTUL, MANSEL-Pertama Kali di Papua Barat, Pemkab Manokwari Selatan (Mansel) bersama Kementrian Daerah Tertinggal (Kemendes) melaunching program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad) dari tujuh kabupaten di Papua Barat yang menjadi fokus Kemendes.

Pelaksanaan launching program Tekad tersebut digelar di Aula Pertemuan Setda Mansel Senin (27/9/2021).

Direktur Perencanaan Teknis Pengembangan Ekonomi dan Investasi Kemendes, Adityawarman Darudono mengatakan, poin penting dari program Tekad  adalah bagaimana memberdayakan masyarakat tingkat kampung mengembangkan produk unggulan yang ada.

“Sudah disampaikan Pak Bupati, produk unggulan di Mansel ini kakao. Jadi bagaimana program Tekad ini bisa meningkatkan perekonomian warga,” tuturnya.

Dikatakan Darudono, Kemendes sendiri akan melakukan pendampingan kepada masyarakat tingkat kampung perilah pengembangan komoditi unggulan yang ada.

“Masyarakat ini modal sosial yang besar. Bagaimana masyarakat bisa memiliki program ini. Kalau sudah bergerak, lima tahun kedepan akan ada program-program selanjutnya,” ujarnya.

“Sejumlah kementerian juga bisa bersinergi dalam pengembangan komoditi unggulan ini. Setelah ini saya akan berkordinasi dengan Kementan untuk kita sama-sama melihat, biar Kementan juga bisa turun ke sini untuk membangun sektor pertanian atau perkebunannya,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Mansel Markus Waran menegaskan, Pemda Mansel akan seratus persen mendukung program Tekad dari Kemendes.

“Pada intinya, setiap program dari pusat yang tujuannya meningkatkan kualitas di kampung akan kita dukung penuh seratus persen. Sehingga, ketika kualitas SDM meningkat, akan berdampak juga pada peningkatan ekonomi warga di kampung,” ucapnya.

Lanjut Waran, selain komoditi unggulan yakni kakao, setiap kampung juga akan mengembangakn produk lainnya.

“Kita ini dikenal daerah penghasil kakao. Meski begitu, masih banyak produk yang bisa kita kembangkan. Harapannya, sinergisitas dari pusat sampai ke kampung bisa terjaga dengan baik, sehingga setiap rencana pembangunan bisa berjalan seperti yang diharapkan,” tukasnya.(LIO)

Related posts
Manokwari Selatan

Disperindak kebut Fasilitas Penunjang Pasar Moses Anari

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagk) Manokwari Selatan (Mansel) tengah kebut percepatan pembangunan fasilitas penunjang Pasar Moses Anari di Kampung Waranggui,…
Manokwari Selatan

Pelayanan SIM masyarakat Manokwari Selatan Tunggu Nomor Satpas

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Polres Manokwari Selatan masih harus menunggu diterbitkannya nomor registrasi Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) dari Korlantas sebelum memulai pelayanan pembuatan SIM di…
Manokwari Selatan

Pemda Dukung Penguatan Parpol

1 Mins read
PENTUL, MANSEL– Wakil Bupati Manokwari Selatan (Mansel) Wempi Rengkung menerangkan, Pemda Mansel akan terus berupaya melakukan penguatan pada tubun Parpol yang ada….
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *