NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Menyambut Natal & Tahun Baru, Dishub Mansel Operasikan KM Bahana Nusantara 42

1 Mins read

PENTUL, MANSEL-Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari Selatan belakangan telah turunkan tim untuk sosialisasi pengoperasian kapal motor printis KM Bahana Nusantara 42 kepada masyarakat calon penumpang.

Tim yang diturunkan Dishub Mansel juga melakukan survei daerah mana saja yang kondisinya layak untuk sandar atau berlabu.

Terkait hal tersebut turut dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Manokwari Selatan, Yus Srimaryoso saat di konfirmasi wartawan di pendopo Lahai Roi, Rabu (29/9/2021).

Rencana pengoperasian KM bantuan Dirjen Perhubungan Laut pada tahun 2019 tersebut, untuk memudahkan masyarakat kepulauan Rumberpon sekitar Taman Nasional Teluk Cenderawasih saat menyambut hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Benar. Karena kita sudah ada aturan tarif angkutan laut. Sudah ada perbubnya. Jadi kita mulai menjabarkan itu,” jawab Srimaryoso.

“Ini baru sosialisasi ke masyarakat di pulau besar dan kepulauan sekitar rumberpon,”ujarnya lagi.

Kepastian pengoperasian, Srimaryoso mengaku secepatnya akan menentukan waktu pengoperaisan kapal tersebut, setelah dirinya menerima laporan dari tim yang diturunkan untuk melakukan sosialisasi pengoperaisan, tarif dan laporan soal titik-titik berlabunya kapal.

“Kita operasi satu kapal kayu. GT 30. Kapasitas angkut barang 7 ton, penumpang 24. Muat barang dan penumpang. Rencananya rute pintu angin dan pulau terdekat seperti Yariari. Rumberpon sekitarnya seperti daerah yembekiri dan yomakan, ” terangnya menambahkan.

Tarif yang dipatok, perorang Rp. 50 ribu, sedangkan untuk kendaraan Rp. 107 ribu perkubikasi.

“Sejauh ini saat sosialisasi, karena harganya dibawa dari biasanya. Masyarakat calon penumpang cukup respon baik rencana ini, ” tukasnya.

Sekedar diketahui lanjut Dia, KM Bahana Nusantara 42 ini dilengkapi dua sekoci, life jacket/baju pelampung.

“Untik nahkoda dari kita sendiri dari Dishub yang punya spesifikasi pelayaran, di kapal tersebut akan ditugaskan 4 ABK,”pungkasnya. (LIO)

Related posts
Manokwari Selatan

Disperindak kebut Fasilitas Penunjang Pasar Moses Anari

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagk) Manokwari Selatan (Mansel) tengah kebut percepatan pembangunan fasilitas penunjang Pasar Moses Anari di Kampung Waranggui,…
Manokwari Selatan

Pelayanan SIM masyarakat Manokwari Selatan Tunggu Nomor Satpas

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Polres Manokwari Selatan masih harus menunggu diterbitkannya nomor registrasi Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) dari Korlantas sebelum memulai pelayanan pembuatan SIM di…
Manokwari Selatan

Pemda Dukung Penguatan Parpol

1 Mins read
PENTUL, MANSEL– Wakil Bupati Manokwari Selatan (Mansel) Wempi Rengkung menerangkan, Pemda Mansel akan terus berupaya melakukan penguatan pada tubun Parpol yang ada….
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *