NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari SelatanPapua Barat

Matanya Berkaca-Kaca ketika Kisahkan Kembali Jasa Guru Semasa di Bangku Sekolah

2 Mins read

PENTUL,ORANSBARI-Kamis (25/11/2021) pagi, insan pendidikan di wilayah Kabupaten Manokwari Selatan berkumpulk di halaman SDI 08 Oransbari, untuk mengikuti upacara Hari Guru Nasional.

Uacara terbatas tersebut, turut hadir Bupati Manokokwari Selatan, Markus Waran dan Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung beserta jajarannya. Kegiatan tersebut pun berjalan sukses, lancar dari awal hingga akhir.

Kendati begitu.Upacara bernuansa syukuran atas pengabidan guru atau “pahlawan tanpa tanda jasa” itu, ada moen haru, momen dimana sejumlah peserta upacara tak ketinggal mata Kapolsek Oransbari, Ipda Irawan SP ikut berkaca-kaca.

“Jujur saja, saya setiap kali mengikuti upacara Hari Guru Nasional, ketika ada lagu  terima kasih guruku dan himne guru seperti tadi pasti saya tidak tahan, mata saya dengan sendirinya berkaca-kaca (menangis,red),”kata Kapolsek Ipda, Irawan SP kepada wartawan di akhir kegiatan.

Lanjutkan perbicangan dengan wartawan. Kapolsek yang menghabiskan bangku sekolah 9 tahun dari SD sampai dengan SMA di kota Jayapura tersebut, menceritakan panjang tentang, begitu berjasanya para guru terhadap dunia pendidikan dan terhadap perjalanan hidup atau karinya secara khusus, hingga detik ini menjadi Kapolsek Oransbari.

“Selamat Hari Guru Tanpa guru, kami bukan siapa-siapa, tanpa bimbingan bapak ibu guru, kami atau siapapun tidak akan sukses,”imbuhnya.

Menurut Dia, betapa besarnya tanggung jawab dan pengorbanan dari seorang guru, karena guru diharuskan mengurus dan mendidik anak sekolah dengan berbagai karakter. Itu menurutnya, membutuhkan tenaga dan mental yang kuat.

“Betapa bangganya saya atas perjuangan mereka karena dengan sabar sudah mengajarkan kami ilmu,”kata Irawan berkaca-kaca.

Disinggung terkait kenangan paling berkesan bersama guru selama masih di bangku sekolah, Irawan beberakan bahwa yang paling berkesan semasa dibangu sekolah  9 tahun adalah ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar di SD Yapis Jayapura. Kanangan di SD itu paling tidak bisa dia lupakan dalam masa hidupnya sampai saat ini.

“Kenakalan saya dan teman-teman di SD itu, curi-curi waktu belajar untuk bermain bola, main kasti, main kelereng dan main benteng, kemudian dikejar oleh guru dengan rotan supaya masuk kelas. Pas kedapatan kita ditarik, dicubit di marahi, itu kisah yang paling indah dan berkesan dengan bapak ibu guru di masa sekolah. Termasuk momen perpisahan dengan bapak ibu guru di SD, momen-moen itu tidak bisa saya lupakan. Bukan berarti di SMP dan SMA tidak berkesna, semuanya berkesan hanya saja di SD lebih berkesan bagi saya,”kenang Irawan.

Di akhir wawancaranya, Irawan kembali mengucapkan selamat Hari Guru Nasional, kepada semua bapak ibu guru di manapun bertugas. Dirinya berharap, semoga di Hari Guru Nasional ini, akan menambah semangat dalam mengabdi di manapun bertugas untuk mencerdaskan anak bangsa. Dihari Guru Nasional kali ini juga Dia berharap ada kesejahteraan bagi tenaga guru didaerah terluar.[LIO]

Related posts
Manokwari Selatan

Latsar Pertama CPNS Mansel Resmi Ditutup, Jadilah PNS Dengan Jiwa Pengabdian Tinggi

2 Mins read
PENTUL, MANSEL-Latsar pertama CPNS golongan II dan III dilingkup pemerintah kabupaten Manokwari Selatan resmi berakhir, Jumat (03/12/2021). Penutupan latrsar dilakukan di Aula…
Manokwari Selatan

Polda Papua Barat Sedang Dalami 4 Dugaan Kasus Korupsi di Mansel

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat tengah dalami dugaan korupsi di wilayah hukum Polres Mansel. Tak cuma satu, Kapolda Papua Barat Irjen…
Manokwari Selatan

Mansel Terima Penghargaan Penyaluran & Penyerapan DanDes Terbaik

1 Mins read
PENTUL, MANOKWARI– Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), kembali peroleh penghargaan, kali ini atas Kinerja Penyaluran dan Penyerapan Dana Desa Terbaik tahun 2021. Capaian…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *