NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari SelatanPapua BaratPendidikan

UU 23 Tahun 2014 Batasi Pemda Mansel Bangun Gedung SMANSAR

1 Mins read

Ransiki,-Rencana pembangunan gedung baru Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ransiki (SMNSAR) model bertingkat oleh Pemerintahan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) tidak dapat dilakukan.

Hal ini sejak diberlakukannya undang-undang nomor 23 tahan 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengatur penanganan SMA/SMK di Indonesia oleh Pemerintahan Provinsi.

Dalam UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, disebutkan pemerintahan daerah bertanggung jawab terhadap pendidikan SD/SMP. Sedangkan pemerintahan provinsi bertanggung jawab atas pendidikan setingkat SMA/SMK.

Sementara pendidikan tinggi menjadi ranah dan tanggung jawab pemerintahan pusat. Pembagian ini berdasarkan aspek akuntabilitas, efisiensi, ekstralisasi, strategis nasional.

“Saya titipkan kepada kepala dinas pendidikan Papua Barat, kalau dulu masih distrik gedung kami seperti ini kami maklumi tapi karena sudah kabupaten kami mohon dukungan kalau boleh lanti dua,”pinta Bupati Mansel, Markus Waran kepada Kabid SAM, Adolfina Orai dan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Yanti Sudjantik Kamat mewakili Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat pada kegiatan Sertijab Kepsek SMANSAR Lama ke Kepsek Baru, Selasa (29/1).

Ia Mengisah bahwa semenjak terpilih jadi orang nomor satu di Mansel, dirinya sudah masukan rencana pembangunan gedung SMANSAR dua lantai namun rencana tersebut urung dilakukan.

“Sebenarnya setelah saya terpilih saya rencanakan untuk bangun gedung sekolah ini dua lantai tapi regulasi telah mengembalikan maka berhenti. Pada kesempatan ini ibu yang pelaksana teknisnya, saya minta tidak banyak. Cukup dua bangunan dibawa dan duanya diatas,”ujar Waran.

Kepada dua Kabid tersebut, Ia beralasan, bahwa SMANSAR wajib dibenahi pembangunannya karena letaknya di pusat kota Ransiki ibu kota Kabupaten, sehingga akan menjadi perhatian orang.
Diketahui, melalui programnya, Waran berhasil bangun sekolah lantai dua di Ransiki yaitu Sekolah Dasar (SD) YPK 03 Ransiki di kampung Kobrei distrik Ransiki.[mnr]

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *